Headline

Tambah CCTV, Pemkot tak Pakai Duit APBD

MAKASSAR, BKM– Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar akan melakukan penambahan kamera Closed Circuit Television (CCTV).
Kepala Diskominfo Makassar Ismail Hajiali mengatakan, pengadaan CCTV bukan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), melainkan dari Corporate Social Responsibility (CSR). Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) CCTV tentang kewajiban penyedia dan pemasangan CCTV setiap bangunan dan gedung baru di Kota Makassar.
“Tahun ini tetap kita akan melakukan penambahan CCTV, tapi bukan melalui APBD melainkan dari CSR. Sesuai dengan Perwali CCTV. Jadi setiap bangunan baru wajib menyediakan dua CCTV depan bangunan yang terintegrasi dengan operation room di balai kota,” jelas Ismail, Senin (11/9).
Diharapkan, dengan adanya kamera CCTV tersebar dapat menjadikan Makassar lebih kondusif, nyaman dan aman dari segala bentuk tindak kriminalitas.
“Kalau jumlahnya, kami tidak dapat target tahun ini. Tergantung berapa banyak bangunan baru di Makassar. Hanya saja, kewajiban setiap pemilik bangunan harus memasang CCTV dua unit depan bangunan di sisi kanan dan kiri yang langsung terintegrasi,” sebutnya.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berjanji akan menambah jumlah CCTV tahun ini. Salah satu tujuannya adalah mempermudah aparat kepolisian memantau aktivitas pengendara, serta pemberlakukan tilang elektronik jika kelak diterapkan.
“Saya dukung jika tilang elektronik diberlakukan dengan memanfaatkan CCTV. Ada beberapa CCTV yang akan kita tambahkan nanti,” kata Danny.
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Makassar Mario Said juga sependapat dengan Danny. Ia mendukung penerapan tilang bagi pelanggarkendaraan dengan memanfaatkan CCTV. Karena dengan cara ini pengendara dapat lebih taat dan tertib berlalulintas. Mereka juga takut untuk melakukan pelanggaran di jalan, sebab ada pengawasan dari CCTVdi sudut-sudut kota. (arf/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top