Gojentakmapan

DPRD Gowa Ikut Bahas Penanganan Pengungsi dari LN

BKM/IST RAKOR -- Suasana Rakor pembahasan penanganan pengungsi luar negeri yang diikuti Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate di Kemenko Polhukam Jakarta.

GOWA, BKM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa mendapat kehormatan diundang ikut membahas Perpres No 125 tahun 2016 tentang penanganan pengungsi dari luar negeri dalam rapat koordinasi yang digelar Kemenko Polhukam di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (11/9).
DPRD Kabupaten Gowa adalah salah satu dari 14 DPRD yang diundang dalam rapat koordinasi tersebut dengan narasumber Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie, Deputi V Kamtibmas, Irjen Pol Carlo. Narasumber lainnya yakni dari Ditjen Multilateral Kemenlu RI diwakili Umar, dari Ditjen Bina Keuangan Daerah diwakili Ichsan Dirgahayu dan dari Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri diwakili, Maskur.
Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate yang mewakili langsung lembaga legislatif Gowa ini, mengatakan, turut diundangnya DPRD Gowa dalam kegiatan tersebut disebabkan Gowa salah satu daerah yang memiliki Rudenim (rumah detensi imigran).
”Dengan keberadaan Rudenim ini sehingga diperlukan pengawasan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa untuk menghindari hal-hal yang dapat berdampak sosial atas aktivitas pengungsi. Karena itu harus ditampung di Rudenim tersebut,” kata Ansar.
Ansar mengatakan, terkait peran dan kontribusi Pemkab dalam hal ini adalah mengenai penyediaan fasilitas dan lain-lain. Karena itu, dalam mengawal Perpres ini maka akan dikaji lebih jauh lagi.
”Seperti dikatakan pihak Kemenko Polhukam, Rakor ini bertujuan menyamakan persepsi stakeholder khususnya pemerintah daerah untuk berkontribusi dalam penanganan pengungsi dari luar negeri. Termasuk di dalamnya pengawasan pemerintah daerah terhadap aktivitas pengungsi yang tentunya akan memicu terjadinya masalah sosial, budaya, dan politik oleh karena kehadiran pengungsi tersebut,” tambah Ansar melalui pesan Whatsapp didampingi Kasubag Humas dan Protokol Setwan Gowa, Muh Natsir. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top