Gojentakmapan

Tim PeTI Gerebek Tambang Liar di Suditanga

GOWA, BKM — Setelah tiga hari melakukan pengintaian di area tambang ilegal di Dusun Suditanga, Desa Pa’bentengang, Kecamatan Bajeng, pada Kamis petang (7/9) sekitar pukul 17.00 Wita, tim penertiban Penambangan Tanpa Izin (PeTI) mengamankan dan menyita satu unit eskavator di lokasi tambang di dusun tersebut.
Sayangnya, saat digerebek pasukan Satpol PP, para pekerja di area tambang termasuk operetor askavator sudah kabur duluan saat baru hendak memulai operasi jelang petang tersebut. Lokasi tambang yang diketahui pemiliknya bernama Lubis Dg Taba ini, pun kini dalam pengawasan dan pengamanan pihak tim PeTI.
Bahkan, eskavator tanpa opereter itu pun segera diamankan untuk diangkut menggunakan truk tronton menuju tempat penampungan pelaku tambang liar di kantor dinas perhubungan Gowa di Terminal Cappa Bungaya di jalan poros Mangngalli, Kecamatan Pallangga.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dengan tertangkapnya lagi satu eskavator penambangan liar ini, maka tim terpadu PeTI sudah menahan dua unit tronton, enam unit eskavator dan sejumlah truk pengangkut material tambang.
”Alhamdulillah, satu lagi eskavator diamankan di Suditanga, Desa Pa’bentengang. Untuk sementara, pemilik tambang liar itu diidentifikasi, karena semua sopir dan operator yang ada di lokasi sudah pada kabur setelah tahu tim terpadu bergerak saat mereka baru mau persiapan operasi. Yah, kita sudah intai mereka selama tiga hari dan baru hari ini dilakukan penangkapan,” kata bupati.
Adnan juga menegaskan, pihaknya tetap komitmen menegakkan aturan. ”Siapa pun yang terlibat, sanksinya sangat tegas. Buktinya, saya ini sudah memberikan sanksi kepada Kasi Pemerintahan Kelurahan Bontonompo dan saya sudah pindahkan dia ke Malakaji, Kecamatan Tompobulu,” tandas Adnan.
Oknum Kasi Pemerintahan Kelurahan Bontonompo, Kecamatan Bontonompo yang dimaksud bupati adalah Jamaluddin Syahrir. Oknum aparat pemerintah ini sudah menjalani proses pemeriksaan di Inspektorat Gowa dan hasilnya positif terlibat secara aktif dalam penambangan liar di salah satu wilayah di Kecamatan Bontonompo. Karenanya, sebagai sanksi oknum ASN ini dimutasi ke wilayah pegunungan.
Terpisah, Kepala Satpol PP, Alimuddin Tiro yang memimpin penangkapan di Suditanga mengatakan, pemilik tambang liar tersebut sudah diidentifikasi bernama Lubis Dg Taba. ”Kami bergerak ke TKP jelang petang dan sekitar jam lima sore, alat berat eskavator penambang kita amankan. Pemilik tambang liar ini berdomisili di Kecamatan Pallangga dan diperkirakan luasan tambang liar yang digarap yang bersangkutan sekitar satu hektare lebih,” jelas Alimuddin Tiro. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top