Bisnis

Berkarier di Hotel Tanpa Ada Pendidikan Perhotelan

IST Halido

MENJADI seorang General Manager (GM) sebuah hotel, memang menjadi pekerjaan membanggakan, sekaligus tantangan tersendiri. Banyak suka maupun duka dalam menjalaninya. Apalagi, ia memiliki tugas tidak mudah dalam proses mengembangkan sebuah hotel tersebut.
Halido, GM Hotel Grand Palace Makassar adalah contohnya. Halido yang lahir di Kabupaten Gowa pada 10 November 1963 ini, sebenarnya tidak memiliki latar belakang pendidikan perhotelan. Apalagi, ia tidak pernah merasakan pendidikan di perguruan tinggi.
Namun karena kegigihan dan kerja kerasnya, ia mampu membuktikan diri sebagai salah seorang yang terbaik di Hotel Grand Palace. Halido memulai pendidikannya di SDN Malakaji, Gowa tahun 1977. Kemudian melanjutkan di SMPN Malakaji pada 1980. Setelah itu barulah ia hijrah ke Makassar dengan bersekolah di SMAN 1 Makassar tahun 1983.
Saat ini, ia telah memiliki seorang istri bernama Siti Maryam. Dari pernikahannya, ia telah dikaruniai dua orang anak bernama Firdhah dan Fildzah. Pria yang hobi berolahraga dan menyanyi ini memulai karirnya sebagai Doorman di Victoria Panghegar Hotel Makassar pada 1991.
Saat itu Hotel Victoria Panghegar dimanajemeni Panghegar Bandung. Sampai pada akhirnya ia berkarir di Hotel Grand Palace, hingga dipercaya menjadi seorang GM sampai pada saat ini.
Halido tak sungkan membagi suka dan dukanya selama menjadi GM. Saat occoupancy sangat rendah dan biaya operasional tetap menghadang, disitulah ia merasa beratnya menjadi seorang GM.
”Itulah yang menjadi dukanya. Apalagi fix cost yang harus teratasi. Karena maju tidaknya sebuah hotel, tergantung bagaimana seorang GM mengatur operasionalnya,” jelas Halido.
Namun yang membuatnya senang menjalani pekerjaannya yaitu apabila operasional berjalan lancar. Khususnya pelayanan terhadap tamu yamg merasa puas dan adanya positif comment, menjadi hal yang ia senangi.
Pria yang memiliki motto hidup ‘Jalani Saja Jangan Mengeluh’ ini tak lupa membagi kiat-kiat suksesnya. Baginya, disiplin, loyal terhadap perusahaan, dan tidak hitung-hitungan waktu kerja adalah tips dimana orang bisa meraih apa yang diinginkannya. (nugroho/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top