Headline

PPP Ingin Duetkan Danny-Yusuf Sommeng

MAKASSAR, BKM — Sebagai petahana, Wali Kota Moh Ramadhan Pomanto punya magnet dalam kontestasi jelang pilwali 2018 mendatang. Banyak figur bakal calon wakil yang mengincarnya.
Partai politik akan mengusung Danny -sapaan akrabnya– akan dilibatkan untuk membahas bakal calon wakilnya. Sejumlah partai tentu akan mengajukan kadernya. Seperti PKS, PAN, PDIP dan Gerindra.
Khusus PPP, menginsyaratkan untuk mengajukan nama birokrat senior sebagai calon pendamping Danny. Yakni Kepala Inspektorat Sulsel HM Yusuf Sommeng.
Nama ini dikenal punya banyak pengalaman. Diantaranya sebagai sekretaris Kabupaten Gowa hingga Penjabat Bupati Bulukumba.
“PPP juga akan mengajukan nama Pak Yusuf Sommeng sebagai salah satu bakal calon wakil wali kota,” ujar salah seorang legislator PPP Makassar yang minta namanya tidak ditulis, kemarin.
Wakil Ketua Umum DPP PPP HM Amir Uskara yang dimintai tanggapannya soal adanya keinginan kader PPP Makassar agar Danny Pomanto menggandeng Yusuf Sommeng, menyebut hal itu sebagai sesuatu yang positif. “Saya memang sudah mendengar permintaan itu. Namun untuk mengajukan nama, kita serahkan kepada teman-teman pengurus DPC PPP Makassar,” ujar Amir yang juga Sekretaris Fraksi PPP DPR RI ini, Rabu (6/9).
Sebelumnya, Danny mengaku akan memutuskan calon wakilnya setelah dilakukan survei simulasi pasangan. “Kita tunggul hasil surveinya nanti,” ujar Danny.
Dosen politik Unismuh Makassar Luhur Prianto mengemukakan, wakil Danny nanti akan diambil dari figur yang dapat melengkapi kekurangannya. “Saya kira Danny membutuhkan pasangan yang bisa melengkapi kekurangan dirinya dan punya kontribusi elektoral yang menunjang. Danny juga perlu mempertimbangkan akseptabilitas wakilnya pada partai politik pengusung,” ujar Luhur, kemarin.
Adapun Yusuf Sommeng, dinilainya bila pamong senior bisa menjadi pasangan yang tepat bagi Danny dalam menjalankan fungsi pengawasan dan koordinasi program, sebagaimana tugas pokok wakil kepala daerah.
“Cuma saya kira perlu diukur kontribusi elektoral Pak Yusuf Sommeng di mata pemilih Makassar. Begitu pula dengan akseptabilitas politik Yusuf Sommeng pada partai pengusung, di mana selama ini profil Yusuf Sommeng sebagai birokrat lebih banyak berkarier di luar Pemerintah Kota Makassar,” kata Luhur mengingatkan.
Pengamat politik dari Unibos Dr Arief Wicaksono, menilai Yusuf Sommeng juga bagus mendampingi Danny. “Bagus juga peluang simulasi itu. Cuma kendalanya saya pikir, adalah kedekatan Pak Yusuf Sommeng dengan kekuatan politik tertentu di Sulsel. Akhirnya, nanti Danny akan ribet sendiri. Danny bagusnya dengan birokrat murni, yang netral, dan bebas dari afiliasi politik tertentu,” pungkas Arief. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top