Sulselbar

Tiga Hari Puskesmas Samata Dibedah

GOWA, BKM — Selama tiga hari Puskesmas Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa dibedah atau menjalani proses penilaian tim Surveyor Akreditasi FKTP pusat. Penilaian yang berlangsung tiga hari ini dilakukan tiga anggota tim, masing-masing drg Titi Aryati Soenardi selaku ketua tim bersama dr L Sembirin dan Sunardi Muhammad SKM.
Penilaian yang mulai dilakukan, Kamis (10/8) itu ditandai penyambutan kunjungan tim surveyor ini dan disambut Sekretaris Kabupaten Gowa, H Muchlis, Kadis Kesehatan Gowa, dr H Hasanuddin serta Kepala Puskesmas Samata, dr Hj Arni Sultan.
Sekkab Gowa, H Muchlis berharap semoga target dalam penilaian ini menjadi yang terbaik. ”Kami berharap demikian. Sebab secara historis Samata ini termasuk kampung tua dan merupakan kerajaan kecil di Gowa. Sehingga wajarlah jika Puskesmas Samata ini menjadi cikal bakal Puskesmas terbaik,” kata Muchlis.
Konseptor andalan Gowa ini mengatakan, kebijakan Pemkab Gowa yang didorong dalam lima tahun ke depan terkait layanan kesehatan, diharapkan bisa terus meningkat. ”Tahun ini kita targetkan 25 Puskesmas dari 26 Puskesmas di Gowa yang akan melakukan perawatan inap. Ini merupakan harapan terbesar pemerintah Gowa dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dan sektor kesehatan ini pula yang merupakan kontrak politik bupati Gowa sejak terpilih pada Pilkada 2015 lalu. Dan rencana seluruh wilayah Gowa tersentuh pelayanan dasar minimal Pustu itu sudah tercapai saat ini,” tambahnya.
Sementara itu, drg Titi Aryati Soenardi, mengatakan, kehadiran tim surveyor ini akan melakukan penilaian selama tiga hari. Dalam masa itu, banyak instrumen dan parameter yang akan dinilai, yakni penilaian administrasi manajemen, upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan.
”Kalau kami ini hanya sebagai tim surveyor dan tugas kami hanya memotret saja apa-apa yang menjadi indikator penilaian. Dan yang menilai itu nanti adalah komisi. Jadi kita tidak hanya melihat dari luarnya saja. Apalagi kami baru memulai hari ini sampai Sabtu saja,” kata drg Titi Aryati Soenardi sembari mendengarkan pemaparan Kepala Puskesmas Samata, dr Hj Arni Sultan tentang potensi Puskesmas Samata dan perkembangannya sejak berdiri tahun 1992 silam.
Kadis Kesehatan Gowa, dr H Hasanuddin, menjelaskan, tahun 2017 ini ada tujuh Puskesmas yang diusul akreditasi. Namun baru Puskesmas Samata di Kecamatan Somba Opu yang dinilai perdana menyusul Puskesmas Kanjilo di Kecamatan Barombong, Puskesmas Somba Opu di Kecamatan Somba Opu, Puskesmas Bajeng di Kecamatan Bajeng, Puskesmas Bontonompo di Kecamatan Bontonompo, Puskesmas Parangloe di Kecamatan Parangloe, dan Puskesmas Malino di Kecamatan Tinggimoncong. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top