Sulselbar

Daftar Tunggu JCH Wajo 13. 000 Orang

WAJO, BKM — Sebanyak 13.600 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten wajo yang masuk daftar tunggu dan harus bersabar untuk diberangkatkan ke tanah suci menjalankan ibadah haji. Mereka yang masuk daftar tunggu rata-rata yang sudah mendaftar di tahun 2009 lalu.
Kepala Kantor Kementrian (Kemenag) Kabupaten Wajo, Arsyad Ambo Tuo melalui Kepala Bidang Haji Kemenag Wajo, Drs H Zuhdi Malik, Senin (7/8) menjelaskan banyaknya jumlah JCH yang masuk dalam daftar tunggu ini tidak terlepas dari tingginya animo masyarakat untuk menunaikan rukun islam yang ke-5 ini.
Kemudian angka-angka ini kemungkinan besar akan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya.
Dia menambahkan masyarakat mendaftarkan diri untuk berangkat haji tidak tergantung cepat atau lambatnya mereka berangkat. JCH ini pastinya sudah mengetahui informasi bahwa keberangkatan JCH didasarkan pada banyak kuota haji.
“Tentu mereka (JCH-red) yang masuk daftar tunggu tersebut telah menerima informasi haji, baik melalui media cetak, sosial, dan dari Kamenag sendiri tentang kuota haji dengan baik. Kendati kuota sangat terbatas, mereka tidak mengurungkan niatnya untuk berhaji. Saya pikir ini lebih pada niat para JCH saja. Soal kapan berangkat itu nomor sekian dan mereka selalu bersyukur serta berikhtiar kepada Allah SWT agar secepatnya diberangkatkan,” ujarnya
Zuhdi menjelaskan JCH yang sebanyak 13.600 orang itu yang masuk daftar tunggu belum ada yang melakukan pelunasan. “Mereka baru melakukan pendaftaran. Mengenai pelunasanya akan diaampaikan setelah sudah waktunya,”jelas Zuhdi.
Dikatakan Zuhdi pada tahun 2017 ini sebanyak 407 JCH yang sudah diberangkatkan ke tanah suci yang menunaikan rukun islam ke 5. “Sebenarnya Kuota wajo pertahun 403. Namun ada penambahan 4 orang jadi total 407 JCH,”ujar Zuhdi. (*)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top