Headline

Danny Mau Buat Satu Tugu untuk Lima Adipura

MAKASSAR, BKM — Lima Piala Adipura kini bersemayam di Kota Makassar. Tiga diantaranya diraih secara berturut-turut di era pemerintahan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto. Dua lainnya di masa Wali Kota Malik B Masry dan Ilham Arief Sirajuddin.
Danny mempersembahkan supremasi tertinggi di bidang pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup ini di tahun 2015 berupa Adipura Buana untuk kategori kota metropolitan, serta Adipura Kirana di tahun 2016 dan di 2017. Sementara Malik B Masry di tahun 1997 untuk kategori kota kecil. Sedang Ilham Arief Sirajuddin tahun 2013 pada kategori kota metropolitan.
Sebagai dedikasi terhadap raihan itu, dua tugu Adipura kini telah berdiri tegak di Anjungan Pantai Losari. Masing-masing Adipura tahun 1997 dan 2013. Sebelumnya, satu dari dua tugu ini tertancap di simpang tiga Jalan Urip Sumohardjo-Dr Leimena. Namun karena terdampak pelebaran jalan, tugu itu kemudian disatukan di Anjungan Pantai Losari.
Bagaimana dengan tiga Piala Adipura yang diraih di masa pemerintahan Danny? Apakah juga akan dibangunkan tugu sebagaimana dua Adipura terdahulu?
Ditemui di ujung rangkaian arak-arakan Piala Adipura 2017 di Anjungan Pantai Losari, Kamis (3/8), orang nomor satunya Makassar itu menjelaskan rencananya. Kata dia, dirinya tak punya keinginan ataupun rencana untuk membangun lagi tugu Adipura seperti yang ada saat ini.
Alasannya, membuat tugu megah seperti itu hanya menghambur-hamburkan uang. Juga tak terlalu penting menurutnya. Apalagi biaya untuk membangunnya cukup besar. Begitu pula tempatnya, dibutuhkan lokasi yang cukup luas.
”Kalau bagi saya tugu itu tidak penting. Yang penting adalah Adipura bisa menjadi sebuah kultur bagi kita. Adipura ini kan cuma lambang,” ujarnya.
Kalaupun nantinya di Kota Makassar ada pembangunan tugu untuk Adipura, Danny inginnya menggabungkan seluruh piala tersebut pada satu tugu. Hanya saja, hal itu masih perlu dipikirkan lagi.
”Saya lagi berpikir bagaimana baiknya kalau tugu-tugu sekarang dikumpulkan. Jadi satu tugu untuk lima adipura atau sepuluh Adipura. Jangan satu tugu satu Adipura. Supaya jangan gegara itu dikeluarkan lagi uang,” jelasnya.
Wali kota berlatar belakang konsultan ini menaksir, biaya untuk pembuatan tugu seperti yang telah ada di Anjungan Pantai Losari Makassar sedikitnya Rp15 juta untuk satu tugu.
“Yang saya rencanakan, batu yang kemarin batal ditandatangani presiden disimpan di Lapangan Karebosi Makassar supaya bisa ditulis penghargaan yang kita raih,” terangnya.
Diapun menegaskan, keberhasilan Kota Makassar kembali meraih piala Adipura tidak membuatnya puas. Sebab masih banyak tugas-tugas yang belum beres di Makassar. Khususnya kondisi pasar, drainase, taman dan pengelolaan bank sampah.
“Masih banyak yang harus dibenahi, seperti pasar, drainase, taman dan pengelolaan sampah. Itu yang harus diperbaiki. Karenanya, kita optimistis tahun depan bisa meraih penghargaan Adipura Kencana,” tandasnya.
Jika memang nantinya Danny jadi membangun tugu, anggota DPRD Makassar menyarankan agar peradaannya di lokasi yang strategis. Seperti Jalan Perintis Kemerdekaan atau TPA Antang.
”Kalau tugu itu saya kira pembangunannya sesuai kebutuhan saja. Yang terpenting, raihan Adipura tiga kali berturut-turut ini patut kita apresiasi,” kata Abdi Asmara, Ketua Komisi A DPRD Makassar, kemarin.
Sekrtaris Komisi A Mario David, menegaskan kedatangan piala Adipura memang perlu disambut oleh seluruh elemen masyarakat Makassar. Karena mereka juga telah memberi sumbangsih yang tidak sedikit selama proses penilaian berlangsung.
”Biarkan kebanggaan kita semua ini terpatri dalam hati. Kalaupun akan dibangun tugu untuk Adipura, saran saya lokasinya di jalan masuk tol Kecamatan Biringkanaya. Atau di TPA kita di Kecamatan Manggala,” sarannya.
Ketua Fraksi PDI Mesakh Raymond Rantepadang memandang wajar jika pemkot ingin membangun tugu sebagai bagian dari diraihnya Piala Adipura. “Saya kira sah-sah saja kalau Pemkot Makassar membangun sebuah menumen sebagai momentum dari torehan sejarah,” tandasnya. (arf-ita/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top