Berita Kota Makassar | Tanpa Sang Kapten, Dua Camat Jagokan PSM
Headline

Tanpa Sang Kapten, Dua Camat Jagokan PSM

MAKASSAR, BKM — Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert (Menner) tetap optimistis bisa mendulang poin penuh saat menjamu tamunya Barito Putra di laga lanjutan pekan 15 Liga 1 Gojek Traveloka 2017 di Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, Selasa (18/7) sore nanti.
Optimisme pria asal Belanda ini mengacu pada capaian timnya selama bertemu tim berjuluk Laskar Antasari tersebut di semua kompetisi.
Di putaran pertama misalnya, Hamka Hamzah dkk berhasil mencuri satu poin saat laga kedua tim berakhir imbang 2-2 di Banjarmasin.
”Situasi tim memang cukup sulit. Tapi saya tetap optimis bisa mengatasi Barito,” ujar Menner usai memimpin latihan timnya di Stadion Mattoanging, Senin (17/7).
Mantan pelatih Arema Cronus ini mengakui, absennya lima pilar utamanya karena cidera dan akumulasi kartu memaksanya untuk memutar otak. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan rotasi pemain.
”Masalah yang dihadapi tim cukup pelik. Lima pemain absen, termasuk sang kapten Hamka Hamzah tak bisa diturunkan. Tapi apapun alasannya, sebagai tuan rumah harus memaksimalkan segala kelebihan yang dimiliki. Termasuk dukungan dari para supporter agar bisa meraih kemenangan,” tambah Robert.
Selain sistem rotasi, taktik dan strategi anyar pun tengah diracik. Jika strategi baru ini bisa berjalan sesuai rencana, maka harapan bisa meredam agresivitas tim tamu akan bisa dilalui dengan mulus.
”Saya telah merancang taktik dan straregi baru menghadapi laga ini. Apalagi Barito adalah tim yang terkadang tampil baik saat mentas di kandang lawan,” jelasnya lagi.
Robert juga mengakui telah mengantongi kekuatan tim besutan Jacksen F Thiago itu saat dijamu Bali United beberapa hari lalu. Pada laga itu Barito dibekap lima gol tanpa balas.
“Saya datang menyaksikan laga Bali United vs Barito Putra. Barito disikat tanpa ampun dengan lima gol tanpa balas,” paparnya.
Media Officer PSM, Andi Widya Syadzwina kepada BKM, Senin (17/7) petang, mengakui kondisi tim sedang dalam masalah besar dengan banyaknya pemain yang absen. Tapi dengan kemampuan Robert dalam mengelola tim pihaknya tak terlalu khawatir dengan kondisi itu.
Menurutn Wina, kondisi psikologis tim tamu yang baru saja kalah telak 5-0 dari Bali United bisa dimanfaatkan kubu PSM. Apalagi timnya bermain di depan pendukungnya sendiri.
”Saya kira Robert sudah paham apa yang akan dilakukannya dengan kondisi tim seperti ini. Bagi kami di manajemen tak masalah karena jajaran pelatih bisa mengatasi masalah dengan baik,” jelas Wina.
Wina menambahkan, lima pemain yang absen saat kontra Barito adalah Reva Adi Utama, Willem Jun Pluim, Rizky Pellu, Steven Paulle, dan Hamka Hamzah. Pellu, Reva dan Pluim dikabarkan absen lantaran akumulasi kartu sedangkan Steven masih belum membaik akibat cidera hamstring di laga sebelumnya kontra Persiba Balikpapan.
Khusus bagi Hamka, kapten tim berjuluk Juku Eja itu masih terjerat sanksi dari operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).
Hanya saja Wina masih enggan membeberkan masalah yang menimpa sang kapten, dan belum menjelaskan sanksi apa yang bakal diterima sang pemain. “Kami akan sampaikan semuanya dan memberi tahu ke pemain (Hamka-red) setelah surat dari PT Liga diterima manajemen,” tukasnya.
Meski dibelit sejumlah masalah, namun PSM masih tetap dijagokan bisa memenangkan laga hari ini. Camat Mariso, Harun Rani misalnya, memasang target skor 1-0 untuk PSM.
”Tidak usah skor banyak, 1-0 untuk PSM saja sudah cukup,” ujarnya, kemarin.
Camat Makassar, Ruly juga sama dengan kolegnya, Harun Rani. ”Di PSM banyak pemain yang bisa diandalkan. Apalagi pada pertandingan kali ini PSM tuan rumah. Jarang-jarang PSM dipermalukan di kandang sendiri,” kata Ruly. (jun-ila)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top