Sulselbar

Tanggul Jebol, Petani Merugi

JEBOL -- Lahan pertanian yang digenangi banjir akibat tanggul jebol

WAJO, BKM — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Wajo, sejak beberapa hari terakhir menyebabkan tanggul Sungai Cenranae, Kelurahan Tancung, kecamatan Tansitolo, Wajo Jebol. Jebolnya tanggul cenranae itu membuat petani merugi hingga puluhan juta rupiah.
Petani setempat, Lamasse (45) mengaku, jebolnya tanggul itu membuat petani merugi. Pasalnya, air bercampur lumpur itu menggenangi jagung petani yang sudah berbuah.
“Padi, yang ditutupi air bercampur lumpur akhirnya membusuk (mati),” kata Lamasse.
Lamasse mengaku, ratusan hektare tanaman jagung yang baru berumur rata-rata 25 hari sempat tersapu dan tergenang banjir. kurang lebih dari 200 hektar tertutup endapan lumpur pasca banjir bah dan terancam gagal panen.”itu baru lahan pertanian Jagung, belum lagi lahan Pertanian Padi,” Kata dia.
Warga Lainya, Andi Upi mengaku, Jebolnya tanggul itu dinilai selain karena debit air yang melebihi daya tampung sungai, juga disebabkan karena pendangkalan sungai. “Debit air terlalu tinggi, sehingga daya tampung tanggul tak kuat menahan debit air. Akhirnya Jebol dan membuat petani merugi,” Ujar Andi Upi.
Andi Upi mengatakan, pendangkalan muara sungai sepanjang puluhan kilometer itu menyebakan daya tampung sungai makin kecil. Akibatnya, saat hujan deras turun, sungai kerap meluap.
“Hampir tiap tahun banjir, selain karena debit air melebihi ambang batas juga karena sungai dangkal dan tak pernah dikeruk,” ujar Alimuddin.
Menurut dia, banjir tahunan yang melanda petani di wilayahnya itu, selain terjadi karena pendangkalan sungai dan tak pernah dikeruk hingga saat ini.
Akibat bencana ini, kata dia, petani merugi hingga puluhan juta dalam per hektar. Kerugian tersebut merupakan akumulasi dari biaya bajak sawah, pengadaan pukuk, bibit, biaya tanam dan perawatan, serta biaya lain lain.
Dia berharap agar pemerintah dapat memperhatikan masyarakat yang berada di wilayah tersebut. (*)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top