Berita Kota Makassar | Hari Ini, Anggota DPRD Gowa Pemungutan Suara
Gojentakmapan

Hari Ini, Anggota DPRD Gowa Pemungutan Suara

GOWA, BKM — Sebanyak 45 orang anggota DPRD Gowa akan melakukan pemungutan suara untuk memilih unsur ketua. Tiga alat kelengkapan DPRD Kabupaten Gowa akan merombak struktur pimpinan dan keanggotaan.
Ada tiga alat kelengkapan dewan yang akan melakukan pemilihan pimpinan dan keanggotaan yakni Badan Kehormatan (BK), Badan Pembuat Peraturan Daerah (dulu bernama Badan Legislasi), dan Komisi.
Terkait rencana perombakan struktur pimpinan dan keanggotaan alat kelengkapan ini, Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate memimpin rapat pimpinan yang dihadiri tujuh pimpinan fraksi yang ada.
Rapat yang digelar di ruang aspirasi DPRD Gowa, Senin (17/7) sekitar pukul 11.00 Wita itu mempersiapkan tata tertib pelaksanaan pemilihan ketua-ketua komisi serta ketua dan anggota badan kehormatan dan badan pembuat Perda.
Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate, kepada wartawan usai menutup rapat pimpinan yang turut dihadiri tiga wakil ketua, masing-masing Haris Tappa, Hamli Halim, dan Syahir Pasang ini mengatakan, rapat tersebut menyoal tata tertib pelaksanaan pemilihan ketua dan anggota BK, Badan Pemperda serta Komisi.
”Untuk pemilihan BK masing-masing fraksi dari tujuh fraksi yang ada mengusul satu nama. Dari tujuh nama inilah yang akan digodok besok (hari ini, red) menjadi lima nama saja. Kelima orang yang terpilih itulah yang akan menjadi anggota BK. Sementara untuk komisi, di sini (DPRD Gowa) ada empat komisi, yakni I, II, III, dan IV. Semua fraksi tetap mengutus nama-nama perwakilannya. Dan itu yang akan dipilih seluruh anggota dewan yang berjumlah 45 orang. Hal sama dilakukan pada pemilihan 16 calon anggota Badan Pemperda dan empat nama ketua untuk komisi tersebut,” jelas Ansar.
Sebelumnya, nama-nama anggota dewan yang memegang jabatan dalam alat kelengkapan DPRD, yakni Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan, AM Yusuf Harun, Ketua Komisi II Bidang Perekonomian Keuangan, H Ahmad Tombong, Ketua Komisi III Bidang Pembangunan, Akbar Danu Indarta dan Ketua Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat, Asriady Arasy. Ketua Badan Kehormatan, H Abd Hafid Latif dan Ketua Badan Pemperda, Hj Syamsuarni Taco.
”Sesuai tata tertib yang ada, masa kerja mereka yang ada di alat kelengkapan ini sudah habis sehingga perlu dilakukan pemilihan kembali. Dan besok, pemilihannya kita lakukan pada pukul 10.00 dan pukul 14.00,” jelas Ansar.
Ansar pun menjabarkan, fungsi DPRD berdasarkan ketentuan Pasal 2 peraturan pemerintah No 16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan tata tertib DPRD yakni fungsi legislasi yang diwujudkan dalam membentuk peraturan daerah bersama kepala daerah, fungsi anggaran yang diwujudkan dalam menyusun dan menetapkan APBD bersama pemerintah daerah serta fungsi pengawasan yang diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang, peraturan daerah, keputusan kepala daerah dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. (sar/mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top