Berita Kota Makassar | Gedung Serbaguna Wisma Negara akan Dikomersilkan
Metro

Gedung Serbaguna Wisma Negara akan Dikomersilkan

MAKASSAR, BKM — Pembangunan gedung serbaguna Wisma Negara di Kawasan Centre Poin of Indonesia (CoI) sudah hampir rampung. Tinggal penyelesaian sejumlah utilitasnya. Menurut rencana, akan disoft launching akhir Juli mendatang.
Sebelum soft launching, Pemerintah Provinsi Sulsel mulai memikirkan pengelolaan gedung serba guna tersebut. Karena itu, digelar rapat di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Latif, Senin (17/7).
Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlibat dalam rapat tersebut. Diantaranya Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (SDACKTR) Sulsel, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Inspektorat, Biro Umum, Dinas Perdagangan, dan Biro Hukum.
Rapat itu membicarakan seputar pengelolaan Gedung Serbaguna Wisma Negara untuk sementara sebelum ditunjut pengelola definitif.
Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (SDACKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan, untuk sementara pengelolaan gedung serbaguna dilakukan Biro Umum Pemprov Sulsel. Hal ini dilakukan karena masih dalam proses pemeliharaan.
” Kita bahas mengenai masalah pengelolaan dan bagaimana pemeliharaan. Untuk sementara dalam proses transisi. Kita tunggu kajian dari Biro Organisasi apakah secara parsial atau sekaligus nanti secara keseluruhan kawasan CPI,” katanya, usai mengikuti rapat soal penggunaan gedung serba guna itu.
Untuk penggunaan pertama, bangunan seluas 26.756 meter persegi ini akan digunakan dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) bulan Agustus mendatang. Setelah itu akan dibuka untuk umum.
” Ini bisa digunakan oleh masyarakat umum, misalnya untuk pesta perkawinan atau pertemuan. Kita masih tunggu bagaimana prosedurnya, apakah mengikuti perda yang sudah ada seperti penentuan tarifnya,” jelas Darmawan.
Saat ini, menurut Darmawan masih ada proses pengerjaan bagian pagar, taman dan lahan parkir bagian luar gedung. Untuk pengerjaan ini, Pemprov Sulsel menggelontorkan anggaran sebesar Rp28 miliar.
” Sebenarnya gedungnya sudah selesai, tinggal pagar dan land scaping. Untuk masalah air PDAM, masih dalam proses sejauh ini masih kita peroleh secara eksternal atau diangkut langsung,” tutupnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top