Berita Kota Makassar | Dana PKH Capai Rp8,9 M
Sulselbar

Dana PKH Capai Rp8,9 M

BANTUAN -- Pengelola PKH dan Bank Mandiri sebagai penyalur bantuan PKH 2017 foto bersama setelah kegiatan

SIDRAP, BKM — Sebanyak 4.744 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Sidrap tahun ini mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat sekitar Rp8,9 miliar.
Kooordinator Kabupaten (Korkab) PKH Sidrap, Jufri Gafsal, saat dihubungi, Senin, (17/7) mengatakan, bantuan PKH 2017 sudah diratakan yakni sebesar RP1,890.000 per KPM per tahun.
Kecuali, bagi KPM yang memiliki tanggungan disabilitas akan diberikan sebesar Rp2 juta per Tahun. “Anggaran PKH tahun ini cukup tinggi yakni sebesar Rp8,9 miliar untuk 4.744 KPM,” ujar Jufri.
Ia menjelaskan, untuk alokasi bantuan PKH pada tahun 2017 ini belum dikucurkan disebabkan adanya perubahan mekanisme penyaluran. Dari sebelumnya dilakukan di kantor POS, sekarang akan serentak dilakukan oleh perbankan. Untuk Sidrap akan disalurkan melalui Bank Mandiri.
“Kami sudah beberapa kali berkomunikasi dengan pihak bank Mandiri Sidrap untuk persiapan teknis penyaluran serta menyiapkan segala sesuatunya agar penyaluran bisa lancar ketika perintah penyaluran sudah kami terima dari PKH Pusat,” katanya.
Jufri mengaku, saat ini pendamping PKH sedang melaksanakan verifikasi tahap III periode April-Mei-Juni 2017 yang dimulai sejak tanggal 4 hingga 14 Juli di seluruh fasilitas kesehatan dan tanggal 17-27 Juli di seluruh fasilitas pendidikan yang ada di Sidrap.
Menurutnya, verifkasi tersebut menjadi penting di PKH. Hal itu sebagai tolak ukur perubahan pola pikir warga. Sebab, jika KPM tidak komitmen dengan aturan tersebut bantuan akan ditangguhkan. Apabila itu dilakukan berturut-turut sampai tiga tahap, maka dipastikan KPM tersebut akan dicabut statusnya sebagai peserta PKH.
Jufri menambahkan para penerima manfaat akan diberi bantuan tiap tiga bulan, akan tetapi KPM sasaran tersebut memiliki kewajiban. Wajib rajin memeriksakan kehamilan bagi ibu hamil, wajib rajin membawa anak usia balita ke posyandu, wajib memotivasi anak-anaknya yang usia sekolah untuk rajin ke sekolah mulai SD, SMP, SMA sederajat. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top