Berita Kota Makassar | 50 Ha Lahan Dimanfaatkan untuk Swasembada Kedelai
Gojentakmapan

50 Ha Lahan Dimanfaatkan untuk Swasembada Kedelai

MAROS, BKM — Untuk mendukung pencapaian swasembada kedelai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros telah memanfaatkan lahan sawah tadah hujan seluas 50 hektare di Dusun Tombolo, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu.
Hal ini terungkap dalam temu lapang tehnologi biodetas guna mendukung upaya pencapai swasenbada kedelai. Kegiatan ini dihadiri Kepala Badan Litbang Pertanian RI, DR Ir Muj Syakir MP, Dirjen Tanaman Pangan RI, DR IR Sumardjo Gatot Irinato MS, Wakil Bupati Maros, Drs HA Harmil Mattotorang MM, dan sejumlah Muspida Pemkab Maros, kemarin.
Muj Syakir pada kegiatan tersebut mengatakan, menjadi target utama pemerintah dalam lima tahun ke depan bersama dua komoditas pangan lain, yaitu padi dan jagung yang sejak awal tahun ini selalu digaungkan dengan swasembada PJK (padi, jagung dan kedelai).
Berbagai potensi sumber daya dikerahkan secara maksimal untuk percepatan dan pencapaian target tersebut. ”Semua pontensi yang dapat mendukung tercapainya program ini telah digunakan agar target dapat tercapai,” katanya.
Gerak cepat yang dimaksud, kata dia, adalah aksi real di lapangan dari berbagai komponen institusi pusat dan daerah dalam identifikasi, zonasi, dan koordinasi di setiap wilayah pengembangan kedelai telah dan terus dilakukan sebagai respons terhadap program yang dicanangkan pemerintah ini.
Sementara itu, Wabup Maros, HA Harmil Mattotorang, mengatakan, peningkatan produktivitas kedelai perlu dilakukan dengan penerapan teknologi spesifik lokasi. PAT diupayakan melalui peningkatan indek tanam (IP) di lahan sawah irigasi dan tadah hujan, lahan kering yang diberakan dengan sistem monokultur maupun tumpasari, areal tanam perkebunan, hutan yang belum optimal dan pembukaan areal baru.
”Penanaman kedelai yang dilakukan kelompok tani Tompo Bulu di atas lahan seluas 50 hektare diharapkan dapat mendorong pencapaian swasembada kedelai di wilayah Kabupaten Maros. (ari/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top