Bisnis

PanenMart Jual Sayur dan Buah Lewat Aplikasi

BKM/AMIRUDDIN NUR PAMERAN -- Sejumlah kelompok tani dari berbagai daerah di Sulsel saat memamerkan hasil produksinya di depan Monumen Mandala, pagi kemarin.

MAKASSAR, BKM — Jika selama ini masyarakat membeli sayuran dan buah di mall, pasar tradisional, maupun pedagang keliling dan kakilima, sekarang sudah semakin mudah. Masyarakat sudah bisa membeli sayuran dan buahan segar melalui aplikasi, PanenMart.
Pengenalan aplikasi ini dilakukan manajemen PanenMart di kawasan carfree day, Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Monumen Mandala, pada Minggu pagi (16/7). Pengenalan ini dikemas dalam bentuk pameran buah dan sayuran yang dilakukan sejumlah kelompok tani (Poktan) dari berbagai daerah di Sulsel, di antaranya dari Bantaeng, Malino, Barru, dan Soppeng.
Buah dan sayuran ini dapat langsung dibeli masyarakat dengan harga diskon. Ada pula komunitas yang ikut meramaikan even ini, Celebes Cooking & Baking Community (CCBC) Makassar yang menawarkan jajanan tradisional.
Salah seorang personel PanenMart menuturkan, sesuai tagline ‘Ayo belanja ke petani’, PanenMart mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut bersama-sama memberdayakan para petani sayur dan buah di Sulsel. Karena selama para petani mendapatkan harga dari pengumpul jauh di bawah harga pasaran. Sementara masyarakat membeli di mall dan pusat perbelanjaan lainnya, sesuai harga paran.
Ketika masyarakat membeli langsung sayur dan buah dari petani, keduanya akan mendapatkan keuntungan. Untuk itu, PanenMart hadir menjembatani antara petani dan konsumen langsung melalui aplikasi PanenMart yang dapat diunduh masyarakat melalui Playstore.
”Jadi melalui aplikasi PanenMart ini, konsumen dapat memesan sayuran dan buah segar yang langsung dari petaninya. Untuk selanjutnya, sayuran dan buah ini akan dikirimkan ke alamat konsumen. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan segera melaunching secara resmi aplikasi PanenMart. Satu hal yang membanggakan kehadiran aplikasi PanenMart, karena dibuat kalangan startup digital anak muda Makassar yang peduli dengan nasib para petani di daerah ini,” katanya.
Even PanenMart ini mendapat perhatian penuh dari Wakil Gubernur Sulsel, H Agus Arifin Nu’mang dan Sekretaris Kota Makassar, H Ibrahim Saleh. Bahkan, Wagub Agus Arifin Nu’mang didaulat untuk membuka kegiatan pameran ini.
”Saya sangat mengapresiasi langkah adik-adik yang tergabung dalam manejemen PanenMart. Langkah menyiapkan aplikasi untuk jual beli hasil pertanian baik buah maupun sayuran merupakan suatu terobosan baru. Dan ke depan, ini tentunya akan memberi nilai plus baik kepada petani maupun masyarakat selaku konsumen,” ujar Agus Arifin Nu’mang didampingi Ibrahim Saleh dan majemen PanenMart. (mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top