Berita Kota Makassar | PAN Akhirnya Akomodir Cicu, Aru dan None
Politik

PAN Akhirnya Akomodir Cicu, Aru dan None

MAKASSAR, BKM–Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya mengakomodir sejumlah Bakal Calon (Balon) Wali Kota Makassar yang sudah dinyatakan gugur lantaran berkasnya tidak lengkap. Para balon Wali Kota yang kembali diakomodir masing-masing Andi Rachmatika Dewi alias Cicu, Farouk M Betta alias Aru, Nunung Dasniar, Nasran Mone, Irman Yasin Limpo alias None serta Sri Rahmi.
Ketua DPD PAN Makassar, Hamzah Hamid menyatakan enam balon Wali Kota Makassar yang dikabarkan tidak diikutkan masih akan diberi kesempatan untuk melengkapi berkas administrasinya agar dapat disurvei oleh LSI. “Paling lambat pekan depan semua berkas sudah ada di TPP PAN Makassar. Karena memang DPW juga sudah mendesak untuk segera dikirim berkasnya karena sudah mau fit and proper test,” tuturnya.
Ketua Bappilu Nasdem Makassar, Mario David menuturkan bahwa tidak bersedianya Cicu disurvei terkendala karena persoalan komunikasi. Menurutnya, batas menyatakan kesediaanya tanggal 11 Juli, sedangkan Cicu masih menunggu keputusan dari Ketua DPW Nasdem Sulsel H Rusdi Masse RMS selaku penentu kebijakan yang diamanahkan oleh DPP. “Hingga hari inipun belum ada keputusan, makanya kami minta ada kelonggaran waktu untuk mengikuti survei, “ungkapnya Mario baru-baru ini.
Legislator DPRD Makassar ini juga menyatakan telah membicarakan hal tersebut ke Ketua DPD PAN Makassar perihal halangan yang dihadapi Cicu saat ini. Hal sama juga dialami Aru yang tak lain adalah Ketua DPRD Makassar. “Bukan tidak mau, tapi kami sedang melakukan penjaringan juga dan waktu yang diberikan secara bersamaan,”singkatnya.

Sementara itu, Balon Wali Kota, Andi Mustaman yang juga akademisi plus politisi ini secara resmi telah mendaftar di 8 parpol yakni Gerindra, PAN, PBB, PDIP, PKPI, PPP dan Hanura serta partai non parlemen yakni PKB.
Wakil Ketua DPP Panca Marga ini berpeluang untuk mengendarai PPP dan Hanura. Dimana Aman memiliki kedekatan dengan dua partai ini ketika ikut bertarung di Pilbup Bone 2013 lalu.
Di Gerindra Andi Mustaman akan bersaing dengan 8 balon lainnya yakni Danny Pomanto, Deng Ical, Nunung Dasniar, Adi Rasyid Ali, Cicu, None, Haris YL dan Sri Rahmi. “Kami tinggal menunggu hasil survei dari CRC yang kemudian akan dilanjutkan ke DPP Partai Gerindra,” ujar ketua deks Pilkada Gerindra Makassar, Anshar Manrulu, Minggu, (16/7).
Ansar menegaskan calon yang disung Gerindra harus memiliki komitmen untuk mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019 mendatang. Sehingga calon yang tidak memuni syarat ini dipastikan tidak bisa mengendarai partai berlambang garuda ini.
Untuk PPP, Aman hanya bersaing dengan empat calon lainnya. Sehingga peluangnya sangat terbuka lebar. “Fit and proper tes dilakukan bulan ini kepada lima bakal yakni, Andi Mustaman, Danny, Deng Ical, Adi Rasyid Ali dan Haris YL. Survei pasangan akan dilaksanakan pertengahan Agustus,” ujar Sekretaris Penjaringan Pilkada PPP, Andi Dalatongeng. (ita/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top