Berita Kota Makassar | Disdik Sosialisasi Isu Pendidikan
Sulselbar

Disdik Sosialisasi Isu Pendidikan

SOSIALISASI -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo melakukan sosialisasi tentang Isu Pendidikan di Tahun Ajaran Baru 2017/2018, Sabtu (15/7)

WAJO, BKM — Mamasuki tahun ajaran baru 2017sekolah selalu disibukkan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan penyiapan perangkat pembelajaran. Sebelum proses belajar mengajar mulai tahun ajaran 2017/2018, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo melakukan sosialisasi tentang Isu Pendidikan di Tahun Ajaran Baru 2017/2018.
Sosialisai berlangsung di Aula Mappadeceng Sabtu, (15/7) dan dihadiri Bupati Wajo, H Andi Burhanuddin Unru, Kepala Dinas Pendidikan H Jasman Juanda, para guru, dan Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.
Dalam arahanya, Bupati Wajo, H Andi Burhanuddin unru mengatakan memasuki tahun ajaran baru ini tenaga pengajar yang berkualitas sangat dibutuhkan agar sekolah bisa melahirkan anak didik atau siswa yang berkualitas.
Menurut Bupati dua priode itu mengapa diperlukan kualitas seorang guru atau tenaga pendidik agar guru yang berkualitas itu dapat mencerdaskan siswa dan siswi yang siap menjadi generasi muda yang handal.
“Jadi, kalau kita memiliki guru yang berkualifikasi dan latar belakang yang cukup dalam pendidikan, maka hasilnya adalah anak-anak yang berkualitas,” kata Andi Burhanuddin Unru.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo, Jasman Juanda dalam arahanya mengaku bahwa salah satu Kunci Mutu Pendidikan adalah hadirnya guru yang memiliki Kompetisi yang mumpuni. Agar bisa menjawab laju perkembangan Teknologi.
Menjadi seorang guru tidak hanya sekedar tampil di kelas, di hadapan sejumlah siswa lalu memberikan pembelajaran seadanya. Akan tetapi seorang guru dituntut untuk menciptakan skenario pembelajaran yang memberikan interaksi dan menjawab masalah-masalah yang nantinya akan dihadapi siswa di masyarakat.
Jasman mencontohkan cara pengajaran yang tepat yaitu Guru hendaknya cerdas dan tepat dalam mengambil langkah-langkah atau memulai proses pembelajaran. Dalam artian, taktik dan metodik sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran saat itu.
Namun langkah-langkah pengajaran yang tepat agar anak didik betah dan berkonsentrasi saat proses belajar mengajar. Saat mengajar guru berprinsip bahwa anak didiknya itu datang ke sekolah dengan pengetahuan awal (prior knowledge) pemrosesan, pengaitan, metakognisi, penerjemahan serta sintesis. Hal ini penting bagi seorang guru untuk menentukan strategi pengajaran yang tepat dan cocok diajarkan pada anak didiknya. (*)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top