Bisnis

BCA Komit Salurkan KUR ke Koperasi dan UKM

BKM/AMIRUDDIN NUR SIBUK -- Petugas booth Bank BCA di hall A1 area pameran Koperasi dan UMKM dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke 70 di Lapangan Karebosi, sedang memberi penjelasan kepada pengunjung

MAKASSAR, BKM — PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen salurkan Kredit Usaha Rakyat (kur) secara tepat sasar menjangkau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang produktif. Salah satunya menjalin hubungan kemitraan dengan koperasi unit usaha di berbagai daerah di Indonesia.
Ditemui pada puncak acara Hari Koperasi Nasional 2017, Executive Vice President Commercial & SME Business BCA Liston Nainggolan, mengaku optimis dengan koperasi dan UKM yang dinilai memiliki potensi sangat besar dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan dan menggairahkan produktivitas ekspor di Indonesia.
”Sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional, koperasi memiliki peranan yang fundamental dalam mengangkat kemandirian perekonomian dari Sabang sampai Merauke. Koperasi telah menjadi andalan lapisan masyarakat menengah ke bawah dalam memperbaiki kesejahteraannya. Demikian halnya, perkembangan sektor UKM juga berkontribusi mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan, dan menciptakan produk-produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri,” ujar Liston.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik terbaru, total kontribusi koperasi terhadap pendapatan domestik bruto mencapai 23,27 persen. Ini terdiri dari 4,41 persen kontribusi kelembagaan koperasi, dan 18,96 persen kontribusi pelaku usaha yang juga anggota koperasi.
Berangkat dari optimisme akan peran koperasi dan UKM, BCA berencana menggenjot penyaluran KUR hingga akhir tahun 2017. Menyukseskan program pemerintah, BCA berharap partisipasinya menyalurkan KUR dapat berkontribusi memberikan suntikan modal tambahan kepada koperasi dan pelaku UKM untuk membiayai beban operasional yang timbul saat menggeluti bisnis yang dikembangkan.
”Persoalan modal usaha seringkali menjadi kendala utama koperasi dan UKM dalam mengembangkan usahanya. Menyadari hal tersebut, BCA sejak tahun 2016 mulai ikut serta menyalurkan KUR dalam rangka mendukung upaya pemerintah menyediakan pembiayaan untuk usaha mikro yang produktif dan layak namun belum bankable. Agar KUR yang disalurkan dapat tepat sasar menjangkau UKM di berbagai daerah, BCA menggandeng beragam mitra institusi lokal. Salah satunya koperasi,” tambah Liston.
Mengapresiasi acara Hari Koperasi Nasional 2017 yang dihadiri puluhan ribu penggiat dan penggerak koperasi dari berbagai wilayah Indonesia, Liston menuturkan harapannya agar acara ini dapat menjadi pengingat pentingnya menjunjung keadilan dan pemerataan yang selama ini telah menjadi prinsip yang menaungi koperasi dalam menjalankan fungsinya di masyarakat.
”BCA tentunya berharap akan semakin banyak lagi ke depannya bekerjasama dengan para penggiat dan penggerak koperasi. Sehingga dapat berkontribusi memberantas kesenjangan di Indonesia dan membangun generasi Indonesia yang lebih produktif dengan produk-produk unggulan yang mampu mengangkat identitas bangsa Indonesia di dunia internasional,” tutup Liston. (mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top