Headline

Prof Kamal Seruduk Truk Lelah dan Mengantuk

MAKASSAR, BKM — Penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas di Jalan Tol Sutami dan merenggut dua nyawa, sedikit terkuak. Prof Dr Kamal Amir yang membawa mobil Toyota Innova DD 1495 SD dalam kondisi kelelahan dan mengantuk.
Kepala Bidang Publikasi dan Humas Media Unhas, Ishak Rahman telah berbicara dengan professor kelahiran Pangkep, 3 Agustus 1968 itu. Dari penuturan Prof Kamal seperti ditirukan Ishak, satu keluarga yang berjumlah empat orang ini baru saja menghabiskan hari libur sembari jalan-jalan mencari baju untuk lebaran Idul Fitri.
”Usai berbelanja, mereka mau pulang. Karena rumahnya kan di Sudiang. Untuk menghindari macet, mereka lewat jalan tol. Di situlah kejadiannya,” terang Ishak, kemarin.
Prof Kamal Amir yang menjabat Ketua Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unhas, tengah berada di Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat untuk menghadiri pemakaman istri dan anak keduanya. Ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit, namun kemudian diperbolehkan pulang karena kondisinya tidak terlalu parah. Luka lecet yang dialaminya akibat terkena serpihan kaca mobil.
Sang istri, Hamsiah (41) menemui ajal di lokasi kejadian jalan tol km 8/100 Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Minggu sore (18/6). Ibu rumah tangga ini mengalami pecah kepala. Saat peristiwa, Hamsiah duduk di bagian depan samping suaminya.
Sementara anak keduanya, Indira Magfira Ramadhani (12) mengalami luka robek pada jidat, mata memar, lutut kanan robek dan lehernya patah. Ia sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Sayang Rakyat. Namun tak lama kemudian, korban menyusul sang ibu yang lebih dulu menghadap Sang Pencipta. Kala tabrakan, ia duduk di kursi mobil baris kedua di belakang ibundanya.
”Satu anaknya masih dirawat di rumah sakit. Saya belum tahu pasti kondisi terakhirnya. Yang saya tahu, istri dan anak keduanya yang meninggal sudah dibawa ke kampung halamannya di Polman pukul 21. 30 Wita (Minggu malam) untuk dikuburkan,” jelas Ishak.
Hingga kemarin, putri pertama Prof Kamal, Nabila Pratiwi Amir (16) masih menjalani perawatan intensif di ruang ICU RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Siswi SMA 2 Tinggimoncong ini terluka patah pada telapak tangan kiri.
“Anak pertamanya sekarang di Wahidin. Harus menjalani operasi, karena mengalami patah tulang di bagian kanan tangannya. Prof Kamal sudah pulang tadi malam dan langsung mengantarkan jenazah istri dan anaknya ke Polman,” kata Ishak lagi.
Kanit Lakalantas Polrestabes Makassar, AKP Kun Sudarwati yang dikonfirmasi, kemarin mengatakan pihaknya masih melakukan proses penyelidikan terkait kejadian ini. Kata dia, dua mobil yang terlibat tabrakan telah diamankan guna kepentingan penyelidikan. Masing-masing Toyota Innova dan truk DD 8721 LC yang dikemudikan Muh Bhikmatullah Mansyur
”Kita belum memeriksa pengemudi kedua mobil yang tabrakan. Pengemudi mobil Innova masih berduka. Kalau sopir truk sudah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Kun. (ita-ish/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top