Berita Kota Makassar | Nasdem-PKS dan PAN Jajaki Koalisi Serentak
Politik

Nasdem-PKS dan PAN Jajaki Koalisi Serentak

MAKASSAR, BKM–Partai Nasdem Sulsel Sulsel ternyata sudah menjajaki koalisi serentak dengan sejumlah partai politik di Sulsel diantaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Wakil Ketua DPW PAN Sulsel Muhammad Andi Irfan AB mengemukakan bila penjajakan koalisi demi memudahkan dukungan disejumlah daerah yang penggelar Pemilihan Bupati (Pilbup) maupun Pemilihan Wali Kota (Pilwali). “Tak hanya Nasdem dan PKS, namun partai lain seperti PPP dan Partai Hanura,”ujar Irfan, Senin (19/6).
Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse (RMS) membenarkan jika pihaknya telah menjajaki koalisi dengan PAN, PPP , PKS maupun partai lainnya.
Sebelumnya, Ketua Bapilu PKS Sulsel Irwan ST mengaku bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan RMS dan sejumlah pengurus teras Nasdem Sulsel. Meski pada pertemuan itu ada kesamaan simulasi koalisi di daerah. Tapi, Irwan mengaku pada dasarnya akan membangun koalisi secara keseluruhan dan bahkan hingga Pilgub Sulsel mendatang. “Ke 12 Daerah kita jajaki semua malah, termasuk Pilgub,”ujar legislator DPRD Makassar ini.
Dia mengatakan komunikasi dengan RMS sangat intens membicarakan soal simulasi koalisi tersebut baik PKS serta RMS sebagai nahkoda Nasdem Sulsel membangun semangat yang sama untuk memenangkan semaksimal mungkin Pilbup 2018 dengan membangun koalisi. “Tetapi kondisi masing-masing daerah yang Pilkada berbeda-beda, dan baik pak RMS maupun kami di PKS tidak akan memaksakan keseluruhan daerah tersebut untuk harus berkoalisi,” ujarnya.
Tapi untuk beberapa daerah yang memang peluang untuk berkoalisi cukup besar, kaya dia, pihaknya mendorong untuk lebih cepat diselesaikan paket pasangannya dibawah usungan Nasdem dan PKS.
Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi mengemukakan PAN dengan Nasdem seperti saudara kandung yang selalu ingin bersama. “Koalisi sangat terbuka, apalagi PAN dengan Nasdem kayak saudara kandung,”ujar Kahfi yang tak lain adalah Wakil Ketua DPRD Sulsel usai menyerahkan rekomendasi calon Bupati Sidrap kepada anggota Fraksi PPP DPR RI Hj Fatmawati Rusdi di Grand Clarion Hotel, Minggu (18/6).
Saat ini Nasdem telah menetapkan Sekprov Sulsel Abd Latif untuk Pilbup Pinrang, Fatmawati Rusdi di Sidrap dan Takyudin Masse di Sinjai. Adapun PAN telah menetapkan Fatmawati sebagai cabup Sidrap, menyusul Buhari Kahar Mudzakkar sebagai cabup Luwu dan Cabup Wajo.
(ita/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top