Berita Kota Makassar | Mars-Pemkab Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Bontosua
Gojentakmapan

Mars-Pemkab Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Bontosua

IST REHABILITASI -- Sosialisasi rehabilitasi terumbu karang yang digelar PT Mars bersama Pemkab Pangkep di Pulau Bontosua.

PANGKEP, BKM — PT Mars bersama Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid, melakukan kegiatan sosialisasi rehabilitasi terumbu karang di Pulau Cambang-Cambang, pada Kamis (15/6). Kegiatan sosialisasi ini melibatkan para kepala desa dan tokoh masyarakat yang berasal dari pulau-pulau di Kecamatan Liukang Tupabbiring.
Pertemuan ini diharapkan dapat menyamakan visi, misi serta komitmen dalam membentuk langkah-langkah strategis dalan pengelolaan terumbu karang yang akan dilaksanakan di Pulau Bontosua Pangkep.
Juga, akan dijelaskan kolaborasi bersama dalam melakukan sistem pengelolaan pulau dan sumberdaya yang dimiliki. Sehingga dapat membangun masyarakat pesisir melakukan sistem perikanan berkelanjutan.
Sejak tahun 2007, Pemkab Pangkep, dinas perikanan Pangkep bersama aparat penegak hukum yang didukung masyarakat dan PT Mars, telah memulihkan terumbu karang di Pulau Badi yang mencapai 2 hektare habitat terumbu karang.
Dengan dukungan stakeholder terkait, kegiatan rehabilitasi dalam memperbaiki ekosistem laut ini, telah memberikan peluang seluruh pemangku kebijakan untuk bekerja bersama-sama masyarakat pesisir membangun masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.
Noel Janetski, Direktur Marine Sustainability Program, mengatakan, pihaknya saat ini bekerjasama Pemkab dan masyarakat Bontosua untuk merehabilitasi terumbu karang mereka. Sangat penting diperhatikan masyarakat dari pulau-pulau sekitar memahami dan mendukung kegiatan ini demi kesejahteraan bagi semua orang di masa depan.
Di samping itu, kata Noel Janetski, lewat kegiatan ini akan memberikan habitat bagi ikan, pendapatan, dan makanan bagi masyarakat Bontosua untuk generasi mendatang. Diharapkan ke depannya, masyarakat Pulau Bontosua dapat berkomitmen melindungi terumbu karang. ”Kami berharap, semua masyarakat pulau tetangga dapat mendukung Pulau Bontosua untuk bersama-sama memperbaiki terumbu karang mereka yang rusak,” pinta Mr Noel.
Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep), Dra Hj Jumliati MSi, mengharapkan agar program dari PT Mars dapat terus berkelanjutan ke pulau-pulau lainnya. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pulau. Karena dapat mensejahterakan dan menciptakan habitat ikan yang sehat. Karang telah menarik sejumlah penyu serta lumba-lumba yang secara signifikan meningkatkan jumlah ikan. (mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top