Headline

Waktu Khusus untuk Anak yang Baru Berpuasa

Abdi Asmara, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Makassar

MENJADIKAN ramadan sebagi momen berkumpul bersama keluarga juga dimanfaatkan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara. Tahun ini, ia menjadi penyemangat bagi anak-anaknya dalam menunaikan ibadah puasa dan amaliah ramadan lainnya.

Laporan: Ardhita Anggraeni

SEBAGAI wakil rakyat, Abdi Asmara memiliki banyak kegiatan di bulan puasa ini. Apalagi dalam kapasitasnya sebagai ketua komisi A DPRD Makassar.
Meski begitu, ia tetap meluangkan waktu untuk mendampingi dua buah hatinya. Karena bulan ramadan tahun ini, anak keduanya baru pertama kali menjalani puasa. Abdi berusaha mendampinginya di kala menahan lapar dan dahaga.
”Tahun ini anak kedua saya mulai puasa full. Jadi saya harus di rumah, baik saat sahur, apalagi waktu berbuka. Ini sebagai bentuk penyemangat untuk anak menjalankan ibadah puasa,” kata Abdi.
Selain itu, ada sesuatu yang dirindukannya ketika ramadan tiba. Yaitu mencicipi menu khusus yang disajikan sang istri. Terutama pallumara untuk sahur, dan pisang ijo waktu buka puasa.
”Saya itu paling suka menyantap pallumara, perkedel jagung dan sup. Pallumara ini kan masakan khas Makassar. Kalau untuk menu berbuka puasa, saya suka makan es buah dan jalangkote. Semua makanan itu buatan istri,” terangnya.
Meski begitu, keinginannya untuk buka puasa bersama keluarga tidak setiap hari bisa terwujud. Hal itu disebabkan padatnya agenda partai dan tugas kedewanan yang ia emban saat ini.
“Sebisa mungkin, kalau tidak ada halangan pasti saya pulang ke rumah. Tapi saat ini banyak agenda buka puasa partai dan road show selama bulan ramdan. Termasuk agenda fraksi,” jelasnya.
Legislator dari daerah pemilihan (dapil) III Makassar, melingkupi Kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea itu mengaku banyak mendapat undangan berbuka puasa dari konstituen. Namun itu tidak dijadikannya beban. Ia selalu berusaha membagi waktunya untuk bisa hadir.
“Saya sering bawa istri dan anak hadiri undangan buka puasa. Makanya, tidak ada komplain. Kecuali anak kedua saya, karena tahun ini banyak waktu saya sama dia. Masih butuh perhatian serius, sekaligus memberi pemahaman tentang kerja ayahnya,” tambahnya.
Ada sejumlah agenda amaliah ramadan Fraksi Demokrat DPRD Makassar di bulan puasa tahun ini. Diantaranya bagi-bagi takjil sebanyak tujuh kali, sesuai jumlah anggota fraksi ini di dewan Makassar.
Selain itu, ada pula jadwal road show ke beberapa daerah, seperti Kabupaten Pinrang. Di Bumi Lasinrang digelar buka puasa bersama. Kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Wajo dengan sahur bersama. Termasuk buka puasa di Belopa, Luwu serta tarawih di Kabupaten Sidrap.
Rutinitas keseharian yang dilakoninya di rumah tak kalah banyaknya. Ia mesti memberikan makan ikan serta burung peliharaannya. Juga mengaji dan berolahraga. Sebelum berangkat ke kantor, terlebih dahulu melaksanakan salat dhuha.
”Kalau orang lain malas berolahraga di bulan puasa, saya tetap melakukannya walaupun sebentar. Setelah itu baru ke kantor mengurusi aspirasi dan surat yang masuk dari warga,” jelasnya. (*/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top