Berita Kota Makassar | Lagi, Makassar Tergenang
Metro

Lagi, Makassar Tergenang

MAKASSAR, BKM– Meski Tim Satgas Drainase telah dibentuk Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar. Namun itu tidak dapat memastikan dan membuat Kota Makassar bebas dari genangan air dan banjir dikala hujan.
Sejak, Senin lalu, curah hujan yang cukup meningkat membuat sejumlah jalan di dalam Kota Makassar tergenang, seperti di Jalan Rappocini Raya, AP Petta Rani dan depan Rujab Wagub Sulsel. Kemarin, Selasa (13/6), genangan juga terlihat di Jalan Penghibur yang ketinggiannya mencapai ketinggian 30 centimeter.
Selain di Jalan Penghibur, genangan juga terjadi di ruas Jalan Tanjung Metro yang hampir setinggi lutut.
“Keras hujan pak. Tapi barupi jalan banjir. Salurannya mungkin tersumbat sampah,” kata salah satu warga, Nurdin.
Menurutnya, penanganan problem di kota soal saluran belum maksimal. Bahkan masih terkesan setengah hati.
“Tahun lalu tidak banjir ji,” katanya.
Kepala Seksi Pembangunan Drainase Bidang Bangunan Air PU Makassar, Khaeruddin, mengatakan, genangan air di Jalan Penghibur disebabkan karena tingginya intensitas hujan serta masih banyaknya sampah-sampah kering seperti plastik dan daun-daun di drainase yang membuat air sulit mengalir.
“Genangan air dipicu karena sampah-sampah kering seperti plastik dan daun kering. Tapi kami sudah menerjunkan petugas dari Satgas Drainase dengan koordinasi dengan kecamatan setempat. Setelah satgas diturunkan genangan air surut beberapa jam setelahnya,” kata Khaeruddin, Selasa (13/6).
Dia menyebut, Dinas PU Makassar juga telah mendapat informasi dari BMKG terkait dengan kondisi cuaca di Kota Makassar. Laporan perkiraan cuaca dari BMKG diperkirakan curah hujan cukup tinggi. Mendapat laporan itu, Dinas PU Makassar berupaya mengantisipasi curah hujan tinggi ini.
“Dinas PU Makassar terus berusaha mengantisipasi potensi genangan air dan banjir yang berada di jalan-jalan protokol. Dan kita prioritaskan antisipasi di jalan-jalan protokol,” terangnya. (arf-ucu/war/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top