Sulselbar

40 KM Poros Jalan Diambil Alih Negara

RINTIS JALAN -- Lokasi tanah yang diambil alih negara kini telah dirintis sebagai jalan darat yang menghubungkan Kecamatan Bua dan Tator.

LUWU, BKM — Kerja keras Bupati Luwu Andi Mudzakkar merintis akses jalan darat sepanjang 40 KM dari Kecamatan Bua tembus Kabupaten Tana Toraja guna mendukung Destinasi Agro Wisata di wilayahnya akhirnya membuahkan hasil .
Pihak Kementrian Pekerjaan Umum memberikan apresiasi atas inisiatif Pemkab merintis pembukaan jalur transportasi darat tersebut dengan ditetapkan Jalur Bua -Toraja Utara ini akan menjadi Jalan negara dan tahun 2018 segera dilakukan pengaspalan.
Saat menemui Bupati Andi Mudzakkar baru baru ini Rabu (6/6), Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur Kawasan Strategis Pusat Pengembangan Kawasan Strategis Kementerian PU, Ir Apriady Mangiwa, MM menuturkan Kabupaten Luwu adalah kabupaten yang layak dikembangkan potensi destinas wisatanya.
Apalalagi Luwu adalah daerah bertetangga dengan Tana Toraja dimana Toraja merupa kan salah satu destinasi nasional yang berada di luar Pulau Bali, yang akan dilakukan pengembangan untuk mendukung sektor pariwisata.
Untuk itu akses transportasi dari daerah terdekat untuk menuju Tana toraja akan dioptimalkan.
“Untuk jalur transportasi darat, selama ini akses yang ada dari Tana Luwu yakni dari Kota Palopo menuju puncak dan menuju Tana Toraja. Jaraknya cukup jauh dan berkelok. Akses jalan darat ini sudah tidak mungkin lagi dilakukan pengembangan, karena rawan longsor. Sehingga pemerintah hanya akan memberikan anggaran pemeliharaan saja, “ungkap Apriady
Jalan alternatif yang paling menarik Kementerian PU-PR untuk mempermudah akses destinasi pariwisata Tana Toraja yaitu jalur yang baru dibuka yakni dari Kecamatan Bua Kabupaten Luwu tembus ke Toraja Utara.
“Jalan ini memang dirintis Pemkab Luwu. Kami memberi apreiasi kepada pak Bupati Luwu Andi Mudzakkar. Jalur ini sudah kita tetapkan sebagai jalan negara dan sangat layak dikembangkan karena hanya berjarak 40 KM saja untuk sampai di Tana Toraja dari Kabupaten Luwu. Apalagi di kecamatan Bua, sudah tersedia Bandara Bua yang sangat representatif. Makanya jalur Bua-Toraja Utara ini akan menjadi jalan negara untuk mendukung destinasi pariwisata, ” tambahnya.
Untuk itu, Kementerian PU Republik Indonesia, ditahun 2018 mendatang akan segera melakukan pengembangan jalan negara Bua-Toraja Utara ini dengan melakukan pengaspalan. Bahkan juga akan dibuka rest area dan parkiran dipinggir jalan (wan/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top