Metro

Siri Na Pacce Terjabar dalam Pancasila

MAKASSAR, BKM — Kearifan lokal Siri’ Na Pacce’ terjabar dalam Pancasila. Ungkapan itu ditegaskan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo pada puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila yang untuk pertama kalinya dilaksanakan pada Kamis (1/6) di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel Jalan Sungai Tangka.
“Konsep Siri’ Na Pacce ada dalam Pancasila dan telah terjabarkan di dalamnya,” kata Syahrul.
Menurut orang nomor satu di Sulsel itu,
Siri Na Pacce merupakan filosofi hidup masyarakat Sulsel yang berarti menjaga harga diri serta kokoh dalam pendirian.
Gubernur yang akrab disapa SYL ini juga mengatakan, Pancasila sudah final untuk Indonesia.
“Bangsa dan Pancasila bagi kita sudah final. Tidam boleh ada polarisasi bagi agama, suku, dan adat istiadat, ” tegasnya.
Dia mengaku bangga dengan penyelenggaraan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila.
Pada kesempatan itu, gubernur juga menyampaikan sambutan seragam Presiden RI Joko Widodo yang intinya bagaimana bangsa Indonesia memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan menjadikan acuan setiap sila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Peringatan hari lahir Pancasila itu dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latif, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel, pegawai, TNI, Polri, hingga anak sekolah.
Sebuah spanduk besar terletak di pojok kiri lapangan upacara bertuliskan
“Saya Indonesia, Saya Pancasila” memberi penegasan bagaimana komitmen bangsa Indonesia dalam memaknai Pancasila.
Sementara itu, peringatan hari kelahiran Pancasila juga dilakukan dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di halaman kantor Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, kemarin.
Dalam upacara peringatan hari kelahiran Pancasila yang bertindak sebagai inspektur upacara Wali Kota Makassar. Moh Ramdhan Pomanto turut dihadiri Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Ibrahim Saleh, pimpinan serta para pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Dalam pidatonya, Danny sapaan akrab Wali Kota Makassar menyebutkan, peringatan hari kelahiran Pancasila yang digelar secara nasional merupakan momentum luar biasa. Pancasila menjadi sebuah pengikat atau penyatu dan hingga semua dapat mengerti arti dari keberagaman.
“Ini merupakan momentum luar biasa, pasalnya Pancasila yang mengikat dan menyatukan kita semua,” kata Danny.
Lahirnya Pancasila kata Danny, menjadi cerminan dari karakter masyarakat di Indonesia. Hal tersebut yang harus senantiasa disyukuri yang telah memberikan nikmat untuk Indonesia.
“Kalau kita mensyukuri Indonesia, maka Pancasila itu merupakan nikmat luar biasa yang diberikan kepada Indonesia. Dan Pancasila juga merupakan cerminan dari karakter masyarakat indonesia,” tambahnya. (arf-rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top