Metro

Rp10 M untuk Penataan Halaman Rujab

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PKP2) tahun ini menyiapkan anggaran sekira Rp10 miliar untuk menata halaman rumah jabatan gubernur yang berlokasi di Jalan Sungai Tangka.
Penataaan halaman rujab tersebut, menurut Kepala Dinas PKP2, Andi Bakti Haruni, meliputi pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) di lokasi berdirinya Baruga Sangiaseri yang dalam waktu dekat akan dirobohkan.
Selain itu, lapangan upacara juga akan dibenahi dengan pemasangan paving block agar tak lagi becek jika musim hujan. Pemasangan paving block itu dijamin tidak mengurangi resapan air ke tanah.
Menurut Andi Bakti, proyek tersebut, saat ini sudah ditender dan segera dilakukan penandatanganan kontrak. Diharapkan jika semua prosesnya lancar, renovasinya sudah mulai berjalan dalam waktu dekat.
Khusus untuk penataan lapangan upacara, dioptimalkan agar bisa selesai sebelum pelaksanaan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang. Sementara untuk pengerjaan taman kita upayakan tuntas secara keseluruhan tahun ini. Selain RTH, juga akan dibuat areal parkir di kawasan Baruga Sangiaseri yang dirubuhkan.
Sebelumnya, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sulsel, Malik Faisal, untuk merobohkan Baruga Sangiaseri, butuh proses administrasi bertahap.
“Pak Gubernur sudah menginstruksikan ke kami untuk segera membongkar baruga itu. Sudah digelar rapat yang dipimpin Asisten 3 untuk membicarakan hal itu, ” ungkapnya
Dia melanjutkan, tahap pertama yang akan dilakukan adalah mengusulkan penghapusan Baruga Sangiaseri sebagai aset Pemprov Sulsel. Setelah itu, Biro Aset akan membentuk tim untuk menentukan taksasi atau perkiraan nilainya dan dilakukan proses lelang. Walau bangunan tua yang usianya sudah puluhan tahun, namun sejumlah material yang ada di Baruga Sangiaseri masih cukup banyak yang bisa dimanfaatkan. Seperti tiang-tiang kokoh penopang gedung yang materialnya berasal dari kayu sangat kuat. Kaca-kaca tebal dan masih banyak lagi. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top