Berita Kota Makassar | Penderita Filariasis Diberi Pengobatan Gratis
Sulselbar

Penderita Filariasis Diberi Pengobatan Gratis

CEGAH -- Sosialisasi pemberian obat massal pencegahan POMP penyakit filariasis di Hotel Grand Zidny, Pangkajene, Selasa, (30/5).

SIDRAP, BKM — Penderita penyakit filariasis atau kaki gajah yang berjumlah tujuh orang di Barukku, Kecamatan Pitu Riase diberikan pengobatan gratis oleh Dinkes Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sidrap.
Pengobatan dilakukan selama lima tahun sejak 2012 lalu hingga sekarang. Hasilnya, setelah dilakukan evaluasi survei darah jari lagi sisa satu orang terinfeksi penyakit filaria itu yakni di Kecamatan Pitu Riase.
Sebelumnya, ketujuh orang itu di vonis menderita penyakit kaki gajah berdasarkan survei darah jari yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dinkes PP dan KB Sidrap.
Kepala Dinkes PP dan KB Sidrap, dr A Irwansyah M.Kes saat sosialisasi pemberian obat massal pencegahan POMP penyakit filariasis di Hotel Grand Zidny, Pangkajene, Selasa, (30/5).
Irwansyah menjelaskan, penyakit tersebut adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh filaria yang menyerang saluran dan kelenjar getah bening.
Penyakit ini dapat merusak sistim limfe, menimbulkan pembengkakan pada tangan, kaki, grandula mamae, dan scrotum. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk, dan tersebar di seluruh Indonesia termasuk Sidrap.
“Penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan menetap sehingga menimbulkan stigma dan menurungkan produktifitas penderita dan keluarganya,” ucapnya.
Untuk itu, pemerintah memberikan pengobatan gratis secara massal di seluruh wilayah yang ada di 11 Kecamatan, selama empat tahun.
Sementara itu, lanjut, Irwansyah mengaku bahwa sesuai kesepakatan Global WHO tahun 2000 bahwa Eliminasi Filaria ditargetkan pada tahun 2020. Negara-negara yang mempunyai masalah filariasis termasuk Indonesia harus melakukan upaya sistimatis dan terpadu untuk mencapai eliminasi sesuai target tersebut. (ady/C)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top