Berita Kota Makassar | Kain Kafan dan Kerangka Manusia Ditemukan
Headline

Kain Kafan dan Kerangka Manusia Ditemukan

SINJAI, BKM — Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Sinjai telah surut. Warga mulai membenahi tempat tinggalnya. Aparatur sipil negara (ASN) juga telah masuk berkantor seperti biasa, Selasa (30/5).
Di Dusun Batulappa, Kelurahan Samataring, Kecamatan Sinjai Timur warga dikagetkan dengan temuan kain kafan serta kerangka manusia. Setelah ditelusuri, ternyata benda tersebut berasal dari tempat pemakaman umum (TPU) Batulappa. Bencana longsor di wilayah ini membawa serta kain kafan serta kerangka manusia dari kuburan.
Kepala Kelurahan Samataring, Hasbullah membenarkan temuan tersebut. ”Memang ada kejadian longsor di lokasi pekuburan umum Batulappa. Kain kafan dan kerangka manusia ikut terbawa material longsor ke bawah,” ujarnya, kemarin.
Menurut Hasbullah, kuburan yang longsor tersebut diperkirakan masih baru. Kira-kira penguburannya di tahun 2017, dan berada di pinggir gunung.
Sebagai lurah, Hasbullah mengaku sudah berbicara dengan pihak keluarga yang kuburannya berada di pinggir dan rawan longsor. Kuburan tersebut disepakati akan dipindahkan ke tengah.
Sementara itu, banjir yang terjadi di wilayah kota Sinjai pada hari Senin (29/5) telah merendam kantor pemerintah. Seperti Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, serta gabungan dinas-dinas di kantor bupati lama Sinjai.
Sehari setelah banjir, para pegawai di kantor tersebut beramai-ramai menjemur berkas yang terendam dan masih bisa diselamatkan. Termasuk peralatan kantor yang basah.
”Sebagian berkas terendam banjir. Bahkan ada komputer kami yang rusak,” kata Kadir, staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat.
Idris Mustari, salah seorang warga Jalan Jenderal Sudirman juga melakukan hal serupa. Ia menjemur peralatan serta pakaian yang terendam banjir.
”Baru saya mau jemur semua ini. Saya lihat adaji matahari,” terangnya.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, Junaedi Mustafa mengatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi banjir susulan. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, pihaknya tetap siaga.
“Saya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dari banjir dan tanah longsor. Apalagi bulan ini memang musimnya. Hujan masih terus turun. Intinya, kita harus tetap siaga,” katanya melalui telepon selularnya. (din/rus/b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top