Berita Kota Makassar | Game I Lakipapada 15 Besar di ASEAN
Headline

Game I Lakipapada 15 Besar di ASEAN

PANGKEP, BKM — Guru dan siswa siswi SMKN 1 Bungoro menorehkan prestasi membanggakan. Mereka berhasil masuk dalam deretan 15 besar lomba Asean Game Development Online Training for Student. Even yang berlangsung 13 Februari-6 Juni 2017 ini mengusung tema; Any can make a game (Siapapun dapat membuat game).
SEAMEO (Southeast Asian Minister of Education Organisation) Schools Network menjadi pelaksana kegiatan ini. Tujuannya untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam penguasaan ICT (Information and Communication Technology), kreativitas, pemecahan masalah, kerja sama tim, dan komunikasi.
Adapun guru dan siswa SMKN 1 Bungoro yang bertanding di kompetisi ini yakni Jayadi DT,SPd selaku guru, Nur Rezki Fajriani (desainer), Ahmad Al Ashar (programmer) dan Nurul Fajrimani sebagai artist.
Bermula dari 65 besar hingga mengerucut menjadi 15 besar, SMKN 1 Bungoro sementara berada di urutan 12 dengan gamenya yang berjudul; The Adventure of I Lakipadada. Game ini digambarkan player akan membantu I Lakipadada mengumpulkan benda pusaka agar mampu mendapatkan ilmu keabadian tersebut.
Di link http://www.seameo.org/_files/seagamedev/shortlisted/ anda bisa melihat dan memainkan gamenya dengan menklik tombol play game.
Ketua Paket Keahlian Multimedia SMKN 1 Bungoro, Jayadi DT,SPd yang juga mendampingi siswa di lomba game tingkat ASEAN, mengatakan bahwa sebenarnya mereka ingin mengangkat cerita dari Sawerigading.
Akan tetapi alur ceritanya yang sangat panjang, sehingga hanya mengambil satu bagian dari epos Lagaligo tentang I Lakipadada, yaitu pangeran/anak Sawerigading yang lebih senang mengembara dari pada menjadi raja. Juga mencari ilmu keabadian, yang dalam bahasa Bugisnya disebut temmate temmatoa malolo pulana.
“Saya kira ini merupakan pencapaian yang patut disyukuri. Kami berhasil mensejajarkan sekolah kita dengan sekolah lain dari Asia Tenggara. Selain itu, siswa akan termotivasi dan terbuka pikiran bagaimana persaingan ke depan dengan negara-negara Asia Tenggara,” ujarnya.
Kepala SMKN 1 Bungoro, Drs H Muh Akbar Parollei,MM berharap kepada siswa yang bertanding agar menjaga kesehatannya supaya tetap fokus menjawab soal-soal dengan baik.
“Saya berharap kepada siswa tetap menjaga kesehatan dan bisa fokus untuk menelaah soal-soal supaya bisa menjawab dengan baik. Apalagi soalnya berbahasa Inggris. Mudah-mudahan kita dapat bersaing dengan sekolah di tingkat ASEAN dan berhasil dengan predikat terbaik. Insya Allah,” harapnya.
Sebelumnya, mereka dibimbing cara pembuatan game via teleconference yang diikuti sekitar 700 sekolah se-Asia Tenggara. Selanjutnya siswa diberi tugas untuk mengembangkan game dengan latar cerita yang berbeda-beda seperti cerita rakyat, legenda, ataupun mitos di negara masing-masing.
Kemudian akan diadakan presentasi di depan juri melalui teleconference pada tanggal 2 Juni pukul 14.00-16.00 waktu Bangkok, atau pukul 15.00-17.000 Wita. (nur/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top