Headline

Dewan Terbitkan Rekomendasi Tiga Bangunan ‘Bersoal’

IST REKOMENDASI-Ketua Komisi C DPRD Makassar, Rahman Pina memperlihatkan dokumen satu dari tiga bangunan yang bersoal dalam RDP, Jumat (26/5).

MAKASSAR, BKM — Tiga bangunan yang tengah ‘bersoal’ saat ini menjadi perhatian Komisi C DPRD Kota Makassar. Dewan kemudian menerbitkan rekomendasi bagi ketiganya. Masing-masing Makassar Mall, Pancious dan parkir Pasar Butung.
Ketua Komisi C, Rahman Pina menyampaikan rekomendasi tersebut dalam rapat yang berlangsung, Jumat (26/5). Untuk Makassar Mall atau Pasar Sentral, diminta untuk segera melengkapi amdal lalulintas. Termasuk dokumen lainnya, seperti penanganan limbah cair, limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).
Pengelola juga diminta membicarakan ulang harga kios yang dinilai cukup tinggi. Ukuran kios seluas 1×1 meter dihargai Rp90 juta.
Termasuk Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk menyatakan kelaikan fungsi suatu bangunan gedung, baik secara administratif maupun teknis sebelum pemanfaatannya.
Rahman Pina menyebut, ada sebanyak 5.000 kios yang disiapkan di Makassar Mall, dengan perputaran pengunjung di sana sebanyak 20-30 ribu orang per hari. Sehingga seluruh persyaratan kelayakannya harus dilengkapi. Dikhawatirkan pasar untuk umum itu belum layak operasi dan daya tampung kendaraan tidak mencukupi.
“Rasa-rasanya akan menjadi persoalan baru. Belum lagi soal empat lantai ini. Dua basement serta lantai 1 dan 2 yang baru akan digunakan. Sangat tidak rasional ukuran kios 1×1 itu dijual sampai Rp90 juta. Sedangkan lantai dua ada yang dijual hingga Rp1,5 miliar dengan ukuran 4×3 meter,” bebernya saat berlangsung rapat dengar pendapat (RDP).
Legislator Fraksi Golkar ini kemudian menyampaikan rekomendasi kedua, yaitu yaitu menutup sementara Pancious yang berlokasi di Jalan Hertasning. Pengelola usaha tersebut diminta untuk mengurus amdal lalin, dan tidak mempergunakan bahu jalan sebagai lahan parkir pengunjung.
Sementara rekomendasi ketiga diperuntukkan bagi bangunan parkir Pasar Butung. Pihak pelaksana diminta mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) parkir berlantai dua itu. (ita/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top