Gojentakmapan

An-Nadzir Tetapkan Jumat 1 Ramadan

GOWA, BKM – Komunitas jamaah An-Nadzir menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Jumat (26/5) hari ini. Meski ditetapkannya 1 Ramadhan pada Jumat, namun menurut pimpinan An-Nadzir, Ustad Lukman Al Bakti saat dikonfirmasi, Rabu siang (24/5), pihaknya memulai beribadah puasa pada Kamis (25/5) kemarin.
”Berdasarkan hasil penelitian kami, pada Kamis besok itu sudah terbit bulan sabit di timur sekitar pukul 05.20 Wita. Jadi hari Kamis sekitar jam 10.00 Wita sudah pergantian bulan yang ditandai air pasang di laut pada hari Jumat pagi,” kata Lukman Al Bakti via ponselnya.
Jamaah yang berciri khas nyentrik dengan mengecat pirang rambut bagi jamaah laki-laki ini, menurut Lukman Al Bakti, penetapan 1 Ramadhan di hari Jumat karena pergantian bulan terjadi di hari Kamis sekitar pukul 10.00 Wita. “Tapi kami mulai berpuasa pada hari Kamis. Namun itu bukan puasa Ramadan. Itu puasa menyambut bulan suci Ramadan. Nanti hari Jumat kami puasanya 1 Ramadan,” terangnya.
Sudah menjadi kebiasaan bagi jamaah yang bermukim di perkampungan Butta Eja, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulsel ini. Penentuan puasa Ramadan selalu beda satu atau dua hari dengan waktu yang ditetapkan pemerintah.
Menurut Lukman Al Bakti, perbedaan penetapan waktu puasa Ramadan itu bukan karena unsur kesengajaan. Namun berdasarkan perhitungan ketentuan alam. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top