Metro

Sambut Puasa, Siswa Sekolah Libur 26 Mei

MAKASSAR, BKM– Menyambut Bulan Suci Ramadan dan persiapan puasa, siswa sekolah dan guru di Kota Makassar diliburkan pada Jumat 26 Mei pekan ini. Siswa dan guru akan masuk sekolah lagi pada Senin 29 Mei.

Hal tersebut diketahui sesuai surat edaran yang dikeluarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar yang dikirim ke seluruh sekolah baik SD maupun SMP sederajat di Kota Makassar.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Ismunandar menyebutkan, surat edaran ke seluruh sekolah di Makassar untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar selama tiga hari menjelang Ramadan. Keputusan itupun sesuai hasil rapat bersama antara Disdik Makassar dan pihak sekolah. Selain SD dan SMP berstatus negeri, ujar Ismunandar, Disdik juga meminta ke sekolah swasta agar secara bersama-sama meliburkan siswanya dari aktivitas belajar dan mengajar.
“Sudah ada surat kita edarkan di sekolah-sekolah terkait dengan libur jelang Ramadan. Untuk yang swasta atau yayasan boleh saja tidak sama dengan negeri, asalkan mereka dapat memperhatikan target tatap muka dengan siswa. Tapi yang kita harapkan sebaiknya libur dan masuknya bisa bersama-sama,” jelas Ismunandar kepada BKM, Selasa (23/5).
Ismunandar juga meminta orang tua siswa selama anak mereka libur, tetap dibekali pelajaran agama dan budi pekerti. Sebab, orangtua dan masyarakat bersama-sama harus ikut berperan memfasilitasi para anak kegiatan keagamaan. “Libur sekolah, bukan berarti libur belajar. Para siswa masih bisa belajar di rumah dengan orang tua dan masyarakat. Bahkan saat Ramadan ini kita manfaatkan untuk membangun, mempererat dan tali silaturahmi antara anak dengan orangtua.
Hal senada dikatakan Sekretaris Disdik Kota Makassar, Hasbi. Menurut Hasbi, jelang Ramadan seluruh sekolah SD dan SMP sederajat telah diberikan surat edaran yang meminta untuk meliburkan siswanya dari aktivitas belajar mengajar sementara waktu selama tiga hari.
Apalagi, libur sekolah di tahun ini dikatakan Hasbi, cukup singkat dari tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan karena pihak sekolah di tahun ini cukup banyak mengejar target seperti dengan melaksanakan ujian semester, tatap muka dan penerimaan siswa baru.
“26 sampai 28 Mei sekolah libur dan kembali masuk belajar mengajar 29 Mei. Kemudian melakukan ujian semester termasuk memenuhi tatap muka. Kalau libur selanjautnya saya belum tahu, untuk sementara itu saja dulu,” singkatnya. (arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top