Berita Kota Makassar | Pelindo Benahi Fasilitas untuk Kenyamanan Pemudik
Metro

Pelindo Benahi Fasilitas untuk Kenyamanan Pemudik

MAKASSAR, BKM — Menghadapi bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, PT Pelindo IV (Persero) melakukan berbagai kesiapan untuk kelancaran mudik yang diprediksi mulai H-5 Lebaran.
General Manager Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru mengatakan dari segi infrastruktur, pihaknya sudah menyiapkan terminal penumpang standar internasional yang telah dilengkapi antara lain dengan garbarata atau jembatan berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu terminal penumpang dengan pintu masuk ke kapal.
“Selain itu, juga sudah tersedia travelator, connecting bridge, serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang yang siap menampung hingga 4.000 orang,” kata Aris.
Dia menambahkan, selain kesiapan infrastruktur, pihaknya juga telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan). Pihaknya juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di area Pelabuhan Makassar, pemasangan CCTV di 20 titik di Terminal 1 dan 16 titik di Terminal 2, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang kini lebih terjamin.
Dari sisi keamanan, lanjut Aris, pihaknya telah bekerjasama dengan aparat keamanan baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dan Lantamal. “Insya Allah, bulan ini juga [Mei] akan dipasang alat x-ray.”
Pelindo IV juga akan membentuk tim terpadu dari seluruh stakeholder yang ada di Pelabuhan Makassar, efektif mulai H-15 hingga H+15 Hari Raya Idul Fitri.
Adapun program yang juga disiapkan saat Ramadan dan jelang mudik Lebaran nanti, yaitu Mudik Gratis bagi kurang lebih 1.000 orang penumpang kapal, bekerjasama dengan Perum Damri.
“Untuk program Mudik Gratis, yaitu tujuan Makassar – Parepare dan Makassar – Bulukumba. Diestimasi, target penumpang kapal untuk Mudik Gratis nanti sebanyak 1.000 orang,” jelas Aris. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top