Bisnis

BTPN Wow Dorong Perluasan Akses Keuangan

BKM/AMIRUDDIN NUR LAKU PANDAI -- Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua, Bambang Kiswono didampingi Sales Management Head BTPN Wow!, Mohammad Reza Rizal (kanan) menjelaskan tentang perkembangan program Laku Pandai di Sulsel.

MAKASSAR, BKM — Sejak diluncurkan pada Maret 2015 hingga Maret 2017, total agen BTPN Wow! mencapai lebih dari 178.000 agen dengan jumlah nasabah 3,43 juta orang. Jumlah ini sudah termasuk 1.000 agen dengan 10 ribu nasabah di wilayah Sulsel.
Hal tersebut diungkapkan Sales Management Head BTPN Wow!, Mohammad Reza Rizal, di sela acara talkshow BTPN Laku Pandai, di Kafe Pelangi, Selasa (23/5). Untuk wilayah Sulawesi, agen Laku Pandai baru ada di Makassar, Maros, Parepare, dan Kendari.
”Kita akan upayakan ditahun 2017 ini jumlah agen di Kawasan Timur Indonesia akan terus bertambah. Begitu pula dengan jumlah nasabahnya. Angka seribu agen dengan sepuluh ribu nasabah dalam tempo tiga bulan atau mulai Januari sampai Maret 2017 ini, sudah menjadi barometer bagi kami kalau keagenan Laku Pandai ini akan dapat diterima dengan baik masyarakat di daerah ini,” ujar Reza.
Laku Pandai merupakan Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2015.
”Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN, dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini,” tutur Sales Management Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal.
Dengan hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah. Agen dapatberbentukwarungmaupunagen penjual pulsa. Sehingga jangkauannya lebih menyebar luas keberbagaidaerah terpencil.
Nasabah juga dapat melakukan berbagai transaksi diantaranya mengirim uang, membeli pulsa, serta membayar berbagaitagihansepertitagihan listrik, air, dan sebagainya melalui telepon genggam. BTPN Wow! menggunakan teknologi USSD atau Unstructured Supplementary Services Data yang dapat beroperasi di segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) meskipun dengan sinyal minimum.
Target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa. Dengan begitu, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.
Sementara itu, Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua, Bambang Kiswono, menjelaskan, saat ini sudah ada 20 bank yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan program Laku Pandai.
Dari 20 bank tersebut, sebanyak delapan bank di antaranya beroperasi di Sulsel, masing-masing Bank BTPN, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin, Bank Danamon, dan Bank Sinarmas.
”Kami berharap, bank-bank lain bisa ikut terlibat dalam program Laku Pandai ini,” ujar Bambang. (mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top