Berita Kota Makassar | KPU Gencar Sosialisasi Jelang Pilwali dan Pilgub
Politik

KPU Gencar Sosialisasi Jelang Pilwali dan Pilgub

MAKASSAR, BKM–Untuk mematangkan persiapan pemilihan yang semakin dekat, utamanya Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar gencar melakukan sosialisasi KTP.
Divisi data KPU Makassar, Rahma Saiyed mengatakan sedini mungkin terjun kelapangan untuk melakukan sosisalisasi syarat memilih ditahun depan. “Agar masyarakat tahu syarat memilih itu utamanya harus punya KTP, terlebih lagi untuk bisa memilih pada Pilwali dan Pilgub Juni 2018,”ujar Rahma di anjungan pantai losari, Minggu (21/5).
Oleh karena itu, KPU melakukan metode pemutakhiran data berkelanjutan dengan cara mengecek nomor induk kependudukan (NIK) pengunjung Pantai Losari melalui aplikasi data pemilih online KPU Makassar berbasis android. “Kita punya aplikasi meminta warga disertakan foto KTP elektronik saat ada warga yang melakukan pendaftaran secara online, data-data tersebut secara otomatis tersimpan dalam server dan selanjutnya akan divalidasi secara sistem,”bebernya.
Dari beberapa NIK yang dicek oleh KPU Makassar, beberapa diantaranya belum terdata dan adapula yang mengadukan bahwa dirinya telah pindah domisili. “Agar tidak terjadi masalah nantinya saat pemilihan kita juga menghimbau masyarakat secepatnya mengecek kependudukannya di kecamatan dan melihat datanya sudah terdaftar apa belum,”ucapnya. (ita/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top