Metro

Kinerja Dewan Mulai Dipertanyakan

MAKASSAR, BKM– Kinerja 50 anggota DPRD Kota Makassar mulai dipertanyakan. Pasalnya, hingga Mei 2017 belum ada satu pun ranperda yang disahkan dari 22 yang diagendakan. Sementara sekretriat dewan telah menghabiskan Rp11,54 miliar untuk triwulan pertama 2017.
Sekretaris DPRD Kota Makassar, Adwi Awan Umar mengatakan, serapan anggaran sekretariat sudah 30 persen dari pagu Rp107,626 miliar. Anggaran belasan miliar itu, untuk biaya perjalanan dinas dan gaji dewan serta gaji pegawai. ” Untuk rinciannya ada di bagian keuangan, kalau serapan sudah 30 persen,” saat dikonfirmasi, Minggu (21/5).
Terpisah, Direktur Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia Sulawesi, Musaddaq mengatakan, tiap tahun DPRD Makassar selalu menggunakan modus kunjungan kerja untuk pelesiran.
Ia menyebutkan pada tahun 2014-2016 DPRD Kota Makassar telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 17,37 miliar hanya untuk peningkatan kapasitas saja.
Bahkan dalam kurun waktu 2014-2015 anggota DPRD Kota Makassar juga menghabiskan anggaran sebesar Rp11,02 miliar untuk kunjungan kerja.
Sementara tahun ini, hingga Mei legislator DPRD Kota Makassar telah melakukan kunjungan kerja sebanyak lima kali atas nama panitia badan anggaran (Banggar), BPPD, Bimtek, Pansus dan kunjungan komisi.
“Kunjungan kerja jadi modus anggota dewan untuk memanfaatkan anggaran perjalanan dinas dengan alasan peningkatan kapasitas atau konsultasi ranperda. Kita selalu soroti anggaran perjalan dinas yang besar itu karena memang tidak sebanding dengan produk perda yang dihasilkan,” jelasnya.
Menyikapi hal itu, Ketua Badan Pembentukan Peratuan Daerah (BPPD) DPRD Kota Makassar, Andi Nurman optimistis bisa merampungkan 22 Prolegda yang direncanakan saat ini.
Kata legislator Golkar ini, sudah ada empat siap untuk dibahas, semnetara Ranperda LKPj Wali Kota dipastikan akan diparipurnakan pada 26 Mei mendatang.
“Sementara Ranperda yang lain, bulan ini beberapa SKPD sudah menjanjikan untuk memasukkan naskah akdemiknya untuk segera dibahas agar segera dibentuk pansus. Ini saja baru satu bulan saya menjabat sudah empat Ranperda saya kerja, kita tetap berupaya semaksimal mungkin,” katanya.(ita)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top