Sering Disejajarkan Gubernur, Wali Kota dan Bupati – Berita Kota Makassar
Headline

Sering Disejajarkan Gubernur, Wali Kota dan Bupati

IST TERIMA PENGHARGAAN-La Tallesse (kanan) ketika hadir dalam sebuah acara untuk menerima penghargaan.

NAMA La Tallesse selaku sekretaris KTNA Sulsel begitu dikenal. Ia kerap kali mengharumkan nama Kabupaten Sidrap dan Provinsi Sulawesi Selatan di kancah nasional.

Laporan: H Purmadi

SELAIN sebagai motivator, Tallesse juga dinobatkan pelopor program supra insus. Ini merupakan kerja sama lembaga terkait untuk memberikan jaminan pemasaran hasil produksi, sehingga menghilangkan pengijon dan meningkatkan pendapatan petani di Sidrap.
Karena itulah, dirinya sering diundang menjadi pemateri bagi kelompok tani di nusantara. Dia sering keliling Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali serta Sulawesi. Termasuk untuk menerima penghargaan. Bahkan, beberapa waktu lalu pernah didaulat sebagai pemateri di depan sejumlah professor di kampus Unhas.
Tallesse sering disejajarkan dengan gubernur ataupun wali kota serta bupati kala menerima penghargaan atau piagam pada kesempatan yang berbeda.
Tak hanya ahli dalam upaya peningkatan produksi maupun introduksi mina padi. La Talesse juga ahli memanfaatkan air irigasi. Salah satu buktinya, ia pernah meraih sertifikat dari Menteri Pertanian dalam rangka hemat air dan peningkatan produksi tahun 2016 lalu.
Ada pula Certifies As Participant of International Symposium on EM Tecnology dari AFNAN/Kiusei Natural Farming Jepang/IPSA di Bali pada 1998. Masih banyak penghargaan lainnya yang tak bisa disebutkan satu persatu.
Dalam karya-karyanya itu, paling berkesan dia rasakan adalah bertemu tiga orang presiden dalam waktu yang berbeda. La Tallesse juga dinobatkan sebagai predikat pertama terbaik sebagai Kontak Tani Nelayan Teladan Nasional di tahun 1995. Juga sebagai Pengurus P3A Teladan Nasional tahun 1997.
Idenya selaku mediator bagi petani padi dalam program pola kemitraan yang berkembang di Sidrap Tahun 2007, hingga kini masih terus diterapkan. Pola ini merupakan salah satu bentuk kebersamaan para stakeholder, seperti pemerintah daerah, KTNA/petani, PT SHS (Sang Hyang Seri), PT Petrokimia Gresik dengan Perum Bulog, Perpadi, BRI, Bukopin, Askrindo serta KTNA. Mereka bekerja sama saling menguntungkan semua pihak melalui Memorandum of Understanding (MOU).
La Tallesse terlibat langsung dalam mengawal program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yakni gerakan over stok (beras 2 juta ton, jagung 1,5 juta ton dan 1 juta ekor sapi) melalui musyawarah tani/tudang sipulung tingkat provinsi. Termasuk menjadi bagian dari tim dalam berbagai program pemerintah. Seperti komisi irigasi, komisi pupuk dan pestisida, serta komisi penyuluhan dan tim perumus musyawarah tudang sipulung.
Baginya, ilmu yang diperoleh dari pengalamannya menjadi petani selama 30 tahun tak ingin digunakan dan dinikmatinya sendirian. ”Saya akan terus berbagi ilmu dan pengalaman kepada petani-petani kita di seluruh Indonesia, agar hasil produksi dan pendapatan mereka terus meningkat. Ini akan saya lakukan hingga akhir hayat saya,” tandas pria yang pernah meraih juara terbaik l lomba P3A tingkat Provinsi Sulsel 2 tahun berturut turut, yakni tahun 1994 dan 1995. (*/rus)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top