Gojentakmapan

Pusat Apresiasi Aplikasi Siskeudes

GOWA, BKM — Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang diterapkan Pemkab Gowa di desa-desa di seluruh wilayah Gowa, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan diundang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat untuk bertemu Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (18/5).
Adnan memang tak main-main dalam penerapan sistem pengelolaan keuangan yang akuntabel. Di hadapan para peserta Rakornis yang digelar BPKP, Bupati Adnan Purichta Ichsan, mengungkapkan, dana desa di Gowa sendiri memang telah dicairkan di 110 desa dari 121 desa yang ada. Sedangkan 11 desa lainnya sementara pengusulan.
Keberhasilan Gowa dalam penerapan Siskeudes, lanjutnya, karena mampu menerapkan tujuh langkah operasional penerapan Siskeudes dari BPKP. Tujuan langkah tersebut yakni pembentukan admin kabupaten dan koordinator kecamatan, sudah adanya sinkronisasi antara peraturan bupati dengan regulasi pengelolaan keuangan desa, pelatihan Siskeudes yang efektif, adanya forum komunikasi via media sosial, adanya klinik Siskeudes, monitoring berkala dan terjalin baiknya koordinasi dan komunikasi dengan tim perwakilan BPKP di daerah.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Gowa, Asrul, yang ikut mendampingi Bupati Gowa, menuturkan, dana desa yang disalurkan ke Kabupaten Gowa tiap desa mencapai Rp 856 juta. Sehingga tiap desa di Gowa rata-rata memiliki dana sekitar Rp1,2 miliar yang ditambah dari dana ADD sebesar Rp700 juta lebih. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top