Berita Kota Makassar | Perhatikan Kelayakan Operasi Bus
Sulselbar

Perhatikan Kelayakan Operasi Bus

PAREPARE, BKM — Razia terhadap kendaraan semakin gencar digelar menjelang ramadan. Termasuk bus angkutan penumpang yang melintas di Parepare.
Kemenhub Sulsel yang dalam hal ini pimpinan Terminal Induk Tipe A Lumpue bersama jajaran Polres Parepare lebih menyasar bus angkutan milik sejumlah perusahaan otobus (PO).
Koordinator Terminal Induk Tipe A Lumpue, M Usdek Rahman menuturkan, masih banyak bus angkutan antar kota-antar provinsi (AKAP) yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan berkendara.
Namun, sanksi yang selama ini diberikan kepada supir bus yang bersangkutan hanya sebatas pemberian teguran lisan untuk tidak melakukan pelanggaran yang sama.
“Selama ini, ada sekitar 80 persen yang tak memenuhi persyaratan, seperti lampu, spion dan ban yang tak memenuhi standar keselematan serta tidak dilengkapi surat-surat dari Jasa Raharja,” terang Usdek.
Usdek menyatakan, apabila hingga tiga kali kedapatan tidak memenuhi persyaratan keselamatan, ancaman sanksi berupa pencabutan izin trayek terhadap bus AKAP tersebut.
“Arahan Dirjen Perhubungan, sebelum ramadan kami adakan run check (pemeriksaan) kendaraan. Jika kita imbau dan berikan arahan hingga tiga kali masih melanggar, akan kita cabut izinnya,” ujarnya.
Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Andi Ali Surya menyampaikan, banyaknya insiden kecelakaan bus yang bahkan hingga menimbulkan korban jiwa salah satunya bisa disebabkan ketidaklayakan kendaraan penumpang.
Saat razia yang dimulai sekitar pukul 23.00 WITA itu, Ali juga mengingatkan, agar seluruh kendaraan dilengkapi juga peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) serta tabung pemadam kebakaran.
“Olehnya itu, kita adakan pemeriksaan, baik dari segi kelayakan kendaraan maupun kesiapan supir busnya,” jelas Ali.
Ali juga meminta kepada pihak Terminal Induk Lumpue agar tidak membiarkan bus melanjutkan perjalanan apabila diketahui tak memenuhi persyaratan keselamatan. “Ini demi keselematan penumpang yang diangkut,” ungkapnya. (smr/D)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top