Headline

Wagub: Pembebasan Lahan MRR Tugas Pemkot

MAKASSAR, BKM — Proses pembebasan lahan untuk middle ring road (MRR) hingga kini masih bersoal. Pemerintah Kota Makassar yang diberi tanggung jawab untuk melakukan pembebasan lahan tak mampu melaksanakan tugasnya.
Padahal, tahun lalu pusat sudah mengucurkan anggaran pembebasan lahan. Namun dikembalikan.
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang angkat bicara soal itu. Dia menegaskan, pembebasan lahan MRR bukan tugas Pemprov Sulsel.
“MRR itu bukan tugas Pemprov Sulsel. Anggaran pembebasan lahannya ada di pemkot,” kata Agus, Kamis (18/5).
Dia mengemukakan, berbeda dengan bypass Mamminasata yang saat ini menjadi konsentrasi Pemprov Sulsel. “Kalau soal MRR, silahkan tanya ke Pak Wali,” tandasnya.
Dia menegaskan, Pemprov Sulsel juga punya beban terhadap tugasnya membenahi jalan provinsi yang panjangnya mencapai 1.400 km.
“Jalan provinsi itu 1.400 km yang harus juga kita jaga supaya tetap tidak bersoal,” jelasnya.
Kecuali, kata Agus, Pemkot Makassar mau dana hibah yang berasal dari pajak-pajak kendaraan yang dibagikan provinsi dipotong untuk pembebasan lahan MRR. Dia mengestimasi sekitar Rp450 miliar pajak dari provinsi ke Kota Makassar.
“Kalau pemkot katakan provinsi, okelah. Tapi dana hibah, katakanlah pajak-pajak kendaraan misalnya, dikasih baku potong disitu, tidak ada masalah. Karena hampir sekitar Rp450 miliar pajak dari provinsi ke kota. Saya tidak tahu jelasnya. Kalau itu pak wali katakan ambil saja dari situ, kita ambilkan. Ini sebenarnya tergantung komitmen kepala daerah,” pungkasnya. (rhm/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top