Metro

Sulsel Tuan Rumah Harketnas

MAKASSAR, BKM — Sulawesi Selatan akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harketnas) ke-22 yang akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo dan mantan Presiden RI BJ Habibie yang pernah menjabat Menristek cukup lama di Indonesia.
Kegiatan yang dikawangi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) itu akan memamerkan berbagai kecanggihan teknologi yang paling mutakhir di Indonesia.
Menurut Ketua Umum Penyelenggara Kegiatan yang juga Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Jumain Appe, Kamis (18/5), puncak peringatan Harketnas akan dilaksanakan 10 Agustus di Kawasan Centre Point of Indonesia (CPI).
Ada sekitar 14 kegiatan akan mewarnai Harketnas yang baru pertama kalinya dilakukan di luar Jawa.
Mulai pameran teknologi Ritech Expo yang berlangsung 9-13 Agustus, akan menghadirkan 400 booth dan diisi oleh berbagai provinsi di Indonesia.
Menurut Jumain, sebelum digelar, pihaknya akan melaunching Harketnas ini pada 16 Juni di Pelabuhan Paotere.
Dia menambahkan, Harketnas kali ini juga akan diwarnai bakti sosial. Salah satunya dengan menyiapkan kaki palsu bagi 30 orang yang dibuat langsung oleh Sugeng, ahli pembuat kaki palsu di Indonesia.
Acara menarik lain yang akan ditampilkan adalah penerbangan perdana N219 dari Jakarta ke Makassar, merupakan pesawat terakhir yang diprodukai oleh Dirgantara Indonesia (DI). Ada juga launching Safari Pusat Unggulan Iptek (PUI) serta panen perdana padi dengan produksi 10-12 ton per hektare.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda Sulsel), Muhammad Firdha mengatakan Sulsel siap jadi tuan rumah yang baik untuk perhelatan akbar ini.
Berbagai sarana dan fasilitas akan disiapkan tentu saja dengan berkoordinasi dengan penyelenggaran kegiatan.
“Sulsel selalu menjadi tuan rumah baik event lokal, nasional, malah internasional sehingga kita optimistis bisa menyukseskan kegiatan ini, ” pungkasnya. (rhm)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top