Gojentakmapan

Gowa Miliki 18 Kampung KB

IST BIBIT -- Sekkab Gowa, H Muchlis, menyerahkan bantuan bibit cabe unggul kepada sejumlah ibu rumahtangga dalam rangkaian pencanangan Kampung KB di Barombong.

GOWA, BKM — Kabupaten Gowa kini memiliki 18 Kampung Keluarga Berencana (KB) setelah pencanangan secara resmi dilakukan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, pada Selasa 9 Mei lalu. Pencanangan itu dipusatkan di Lingkungan Karangloe, Kelurahan Sapaya, Kecamatan Bungaya dan di Dusun Buloa, Desa Rappolemba, Kecamatan Tompobulu.
Pascapencanangan akbar itu, secara bergiliran pencanangan kelanjutan dilakukan di 16 kampung lainnya. Seperti pencanangan Kampung KB yang berlangsung di Kecamatan Barombong, Rabu siang (17/5) di Desa Tamanyelleng.
Pencanangan yang dilakukan Sekretaris Kabupaten Gowa, H Muchlis ini ditandai pemberian bibit cabe unggul dari Dinas Pertanian dan Holtikultura kepada UPTD Desa Tamanyelleng.
Tingginya jumlah pertumbuhan penduduk menjadi masalah yang krusial. Hal itu ditegaskan Sekkab Gowa, H Muchlis di sela sambutannya di hadapan warga Kampung Tamanyelleng yang ditunjuk sebagai Kampung KB untuk Kecamatan Barombong.
Dari dasar itulah, Muchlis mengajak masyarakat Kampung KB mengatur jarak kehamilan agar pertumbuhan penduduk dapat terkendali. ”Gowa sekarang sudah menjadi daerah yang pertumbuhan jumlah penduduknya sudah sangat tinggi di Sulsel. Kondisi ini memengaruhi jumlah pendapatan per kapita. Sehingga posisi Gowa masih di bawah dibanding dengan kabupaten lain,” kata Muchlis.
Karena itu mantan Kepala Bappeda Gowa ini mengajak masyarakat untuk menjadi partner pemerintah dalam program pengendalian jumlah penduduk. ”Dengan jumlah yang terkendali, maka kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat,” imbaunya.
Pencanangan Kampung KB ini tambah sekkab merupakan program pemerintah pusat yang diserukan Presiden RI, Joko Widodo. Tujuannya agar pemerintah daerah menjadikan keluarga berencana sebagai program prioritas di setiap kabupaten dan kota di seluruh tanah air. Program ini, dikemas dengan pendekatan penggarapan KB dari pinggiran, sehingga terwujud masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera.
Terpisah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud, mengatakan, peranan hadirnya Kampung KB akan membangun masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluarga. Tujuan akhirnya, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” ujar Sofyan Daud.
Pencanangan Kampung KB ini turut dihadiri Kadis Pertanian dan Holtikultura, H Zulkarnaen, Inspektur Inspektorat Gowa, Kamaluddin Serang, dan unsur Tripika Barombong. (sar/mir)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top