Sulselbar

Fokus Perbaikan dan Peningkatan Skill ASN

MAMUJU, BKM — Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP-SDM) terus berupaya melakukan perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan jika infrastruktur penunjang tidak ada.
Demikian disampaikan Kepala BP SDM Sulbar, Farid Wajdi, di Mamuju, beberapa hari lalu. Dikatakan, pihaknya masih fokus melakukan perbaikan serta peningkatan skill ASN demi terwujudnya kualitas kinerja pelayanan yang baik.
Selain pengembangan kemampuan ASN, pohaknya juga akan melakukan pengembangan manajerial setiap staf lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ini perlu dilakukan karena menyangkut potensi setiap ASN dalam sebuah jabatan.
Dan hal tersebut bisa dilakukan jika ada bukti sertifikat kemampuan ASN yang terbitkan lembaga tertentu seperti LAN dan badan Diklat. Selain itu, tambahnya, untuk meningkatkan kualitas ASN diperlukan gedung untuk Diklat Prajabatan ASN di Sulbar. Sebab selama ini Diklat masih dilaksanakan di provinsi tetangga.
Meski demikian, untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan gedung dan segala fasilitasnya yang setara dengan gedung diklat di provinsi lain agar bisa mendapatkan akreditasi sah dari pemerintah pusat.
Dikatakan, jika bisa melaksanakan prajabatan kepada ASN yang Latpim di Sulbar, maka banyak keuntungan yang diperoleh. Olehnya itu, program prioritas yang ingin diwujudkan ke depan adalah penyediaan gedung, sarana dan fasilitas sendiri untuk melakukan prajabatan ASN.
Selain itu, manfaat yang didapatkan jika mempunyai tempat diklat sendiri, tenaga pengajar dari widyaswara yang dimiliki Sulbar dapat terfungsikan dengan baik. Sehingga tidak merasa jenuh dan masif. (rdr)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top