Headline

Bawang Putih dan Telur Ayam Ras Melonjak

MAKASSAR, BKM — Beberapa hari menjelang tibanya bulan ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Makassar mengalami lonjakan. Khususnya bawang putih dan telur ayam ras.
Pantauan BKM di Pasar Pa’baeng-baeng dan Pasar Toddopuli, harga beberapa sembako masih relatif stabil. Seperti beras, gula, daging ayam, daging sapi, cabai, minyak goreng dan tepung terigu.
Sementara harga bawang putih yang semula hanya Rp35 ribu, kini melojak cukup jauh hingga Rp55 ribu per kilogram.
“Tidak tahu juga kenapa bisa naik setinggi itu. Padahal banyakji stoknya. Mungkin karena banyak permintaan dari konsumen,” kata Ari, salah seorang pedagang sembako di Pasar Pa’baeng-baeng, kemarin.
Hal senada diungkapkan salah satu pedagang sembako di Pasar Toddopuli, Baria. Jika selama ini ia menjual bawang putih Rp35 ribu per kilogram, kini ia harus menjualnya dengan harga Rp50 ribu.
Selain bawang putih, kenaikan juga terjadi pada harga telur ayam ras. Semula harga telur ayam ras yang hanya Rp30 ribu per rak, sekarang mencapai Rp39 ribu.
Salah seorang pedagang telur di Pasar Pabaeng-Baeng, Bahtiar mengakui jika kenaikan harga telur terjadi berkala. “Tadinya harganya Rp30 ribu. Terus, satu minggu kemudian naik Rp37 ribu. Sekarang menjadi Rp39 ribu. Mungkin karena mau ramadan,” katanya.
Di Pasar Terong, kenaikan kebutuhan pokok juga terjadi untuk bawang putih dan telur. Sedangkan untuk sayur mayur, harganya relatif masih stabil.
Dg Maro, pedagang sayur di Pasar Terong yang berasal dari Kabupaten Gowa, mengaku biasanya membeli sayur langsung dari petaninya. Sebab permintaan meningkat pada awal ramadan.
“Hari pertama puasa pasti sudah mulaimi ramai orang belanja. Saya sudah pesan memang sama langgananku termasuk tomat dan lombok,” ungkap Dg Maro.
Dg Maro menjelaskan, harga saat ini masih normal. Bawang merah misalnya, Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kg. Cabai merah besar Rp18-20 ribu/kg. Cabai rawit Rp38-42 ribu/kg. Cabai cabe keriting Rp23-25 ribu/kg.
Staf Administrasi Bulanan Pasar Pabaeng-Baeng, Titi Damayanti mengatakan, hingga saat ini belum ada kenaikan harga yang signifikan. Hanya pada bawang putih dan telur. (nug-jun/rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top