Mobil Pintar KPU Gowa Bisa Cek Langsung DPT – Berita Kota Makassar
Politik

Mobil Pintar KPU Gowa Bisa Cek Langsung DPT

BKM/SAR LAUNCHING- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat melaunching mobil pintar KPU Gowa.

GOWA, BKM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa meluncurkan dua unit mobil pintar atau Oto Car (oto cara’de’), Rabu (17/5) pagi. Peluncuran ini dilakukan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi jajaran KPU Gowa dan perwakilan KPU Sulsel serta pusat.
Mobil pintar yang dilengkapi sarana dan prasarana edukasi ini akan dipergunakan KPU Gowa dalam kegiatan sosialisasi ke masyarakat dengan turun langsung ke pelosok desa.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, atas nama pemerintah dan mewakili rakyat Gowa menyampaikan apresiasi setingginya atas inovasi yang dilakukan KPU melalui peluncuran mobil pintar yang akan mobile di tengah masyarakat, sehingga Gowa bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih. “Mari sama-sama memberikan edukasi pemilu kepada masyarakat agar sadar. Untuk itu kita berharap mobil pintar ini bisa jadi percontohan kualitas demokrasi di Indonesia,”ujar Adnan.
Ketua KPU Gowa, Zaenal Ruma didampingi Divisi Sosialisasi KPU Gowa, Arif Budiman serta Divisi Data dan Informasi KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, mobil pintar ini akan digunakan bersosialisasi tentang kepemiluan, dimana di dalam mobil tersebut telah difasilitasi sarana komputerisasi, buku-buku kepemiluan, serta TV edukasi. “Kalau KPU RI itu memiliki rumah pintar pemilu sebagai tempat edukasi masyarakat dengan pola masyarakat yang datang ke rumah pintar itu, maka KPU Gowa justru mengambil pola sebaliknya dengan mendatangi masyarakat. Artinya dengab sarana mobil pintar ini, KPU lebih mudah menjangkau pelosok dengan mendatangi masyarakat secara langsung,” jelas Zaenal.
Melalui mobil pintar ini, tambah Zaenal, masyarakat bisa mengecek langsung namanya di DPT (daftar pemilih tetap) Pilkada lalu karena DPT ini yang akan menjadi acuan Pilgub mendatang.
“Sosialisasinya nanti mobil pintar ini akan bersosialisasi di area-area publik atau area ramai masyarakat. Untuk kegiatan awal nanti kita sisir dulu sekolah-sekolah,” tambahnya dihadapan Sekwan, Yusuf Sampera, perwakilan Kejaksaan Negeri Sungguminasa, para Camat, perwakilan partai politik, OKP, Ormas.
Selain launching mobil pintar, KPU juga melakukan MoU dengan Dinas Infokom Gowa serta KNPI Sulsel dan Gowa dalam program peningkatan partisipasi pemilih pemula.
Ketua KPU Sulsel Ikbal Latif, mengemukakan bila apa yang dilakukan KPU Gowa harus dicontoh KPU-KPU lain. “Kita mengajak masyarakat untuk sadar mendatangi TPS-TPS untuk menyampaikan hak pilihnya nanti. Itulah salah satu sasaran dari sosialisasi KPU di masyarakat,” tandas Ikbal. (sar/rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top