Metro

Menristekdikti Tinjau Ujian Keterampilan di UNM

MAKASSAR, BKM–Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (menristekdikti), Prof Mohammad Nasir meninjau langsung pelaksanaan Ujian Keterampilan SBMPTN di UNM, Rabu (17/5).
Kampus UNM yang ditinjau menteri berada di Banta-Bantaeng yang merupakan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Kampus Parangtambung yang merupakan lokasi Fakultas Seni dan Desain (FSD).
Kedua Fakultas itu memang melakukan ujian keterampilan tiap tahunnya untuk para peserta yang ingin masuk di fakultas tersebut.
Didampingi oleh Rektor UNM, Prof. Husain Syam dan Dekan FIK, Prof Andi Ikhsan, menteri menyempatkan diri melepas para peserta untuk melakukan tes. Nasir juga sempat membuat Vlog dengan para peserta untuk sekedar memberikan semangat.
Dalam kunjungannnya, Nasir berharap jika para peserta yang telah lolos nantinya bisa sampai pada kejuaraan Asian Games. “Hanya 280 yang diterima dari tiga ribuan peserta, artinya peminat masyarakat terhadap prodi keolahragaan sangat tinggi. Mudah-mudahaan bibit-bibit ini nanti bisa masuk dalam seleksi nasional untuk masuk di Asian Games 2018 nanti,” harap Nasir.
Nasir juga sempat menanggapi dengan minimnya perguruan tinggi yang memperadakan prodi ilmu keolahragaan. Baginya memang tidak semua perguruan tinggi mampu membuka prodi ini. “Semua harus didukung oleh dosen, sarana dan prasarana yang memadai,” kata Nasir.
Peminat untuk FIK dalam ujian keterampilan ini sendiri untuk tahun ini sebanyak 3.362 dari seluruh Indonesia. Meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai dua ribuan pendaftar. Jurusan yang paling diminati pada tahun ini adalah Penjaskesrek, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, kemudian Ilmu keolahragaan.
Tahap seleksi mulai dari tes kesehatan. Peserta yang tidak lolos dalam tes kesehatan ini tidak akan bisa melanjutkan ke tahap tes selanjutnya. Tes selanjutnya adalah Wall Pass (lempar bola tangkap di dinding), tes agility run (kelincahan), situp, pushup, dan kemudian lari 1600 m.
Dekan FIK, Prof Andi Ikhsan mengatakan dengan peningkatan jumlah pendaftar ini menunjukkan jika FIK UNM sangat diminat oleh masyarakat di Indonesia. Selama ini FIK memang telah menjadi sentra pembinaan cabang olahraga prestasi, sentra pembinaan olahraga pendidikan, dan sentra pembinaan olahraga masyarakat. “Setiap tahunnya bahkan kita bekerjasama dengan KONI untuk menyeleksi para calon atlet PON Sulsel,” kata Andi Ikhsan.(nug/war/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top