Berita Kota Makassar | Acuhkan Lalin, Bemor Bakal Ditertibkan
Sulselbar

Acuhkan Lalin, Bemor Bakal Ditertibkan

AKAN DITERTIBKAN -- Salah satu bemor tertangkap kamera saat mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

SIDRAP, BKM — Pemkab Sidrap akan segera melakukan penindakan kepada pengemudi becak motor (Bemor) yang seringkali melanggar aturan lalu lintas.
Kabid Perhubungan Sidrap, Arifuddin B.Nombe melalui Kasi Angkutan Jalan, Baharuddin mengatakan, sudah banyak laporan masuk mengenai pelanggaran Bemor.
“Pelanggaran yang sering mereka lakukan adalah melebihi kapasitas muatan yakni dua orang. Selain itu, juga melanggar rute yang telah ditentukan,” katanya, Selasa, (16/5).
Menurutnya, pihaknya akan menggandeng Polres Sidrap untuk melakukan operasi bemor. Angkutan becak motor, katanya hanyalah sarana transportasi hasil modifikasi dari becak, yang tergolong sebagai angkutan lingkungan atau dalam kota.
Selain itu, tingkat keselamatan dengan model transportasi bemor sangat rendah. Itu hanya, bermodal modifikasi mesin diesel, angkutan ini tidak dilengkapi sistem rem yang mumpuni.
“Becak tidak termasuk angkutan umum, tapi angkutan lingkungan kampung. Tidak boleh beroperasi di jalan raya, ataupun melebih kecepatan. Inilah yang akan kita tindak utamanya saat beroperasi melebihi kapasitas,” ucapnya.
Oleh karena itu, Baharuddin mengaku, pengguna moda transportasi Bentor di jalan raya tergolong orang yang nekat.
Penertiban yang akan dilakukan itu dilandasi aturan Undang-Undang. Menurutnya, dalam UU 22/2009, tidak ada angkutan umum jenis becak motor yang diperbolehkan melaju di jalan besar.
Terpisah, Ilyas salah seorang pengemudi meminta dan mendesak Pemkab Sidrap melaui dinas perhubungan untuk segera memasang rambu-rambu rute bemor.
Sementara, dinas perhubungan saat ini mencatat sekitar 967 becak motor yang resmi terdaftar dan beroperasi di Sidrap.
Namun, sejauh ini ada 2.000 lebih bemor yang tidak terdaftar resmi. “Nah, itu juga yang akan kami tertibkan sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dinas perhubungan memberikan kartu anggota yang setiap tahun harus diperbaharui,”tandasnya. (ady/C).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top