Berita Kota Makassar | Cawali Danny Tunggu Parpol Koalisi
Headline

Cawali Danny Tunggu Parpol Koalisi

MAKASSAR, BKM –Wali Kota Makassar petahana, Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto menjadi incaran sejumlah politisi, akademisi maupun birokrat untuk menjadi wakilnya jelang pilwali Juni 2018 nanti. Hal ini lantaran Danny masih memiliki elektabilitas atau tingkat keterpilihan yang sangat tinggi dibanding bakal calon wali kota lainnya.
Sejumlah nama disebut-sebut pas mendampingi sang petahana. Diantaranya Ketua DPD II Golkar Makassar Farouk M Betta alias Aru. Ketua DPC Partai Demokrat Adi Rasyid Ali atau ARA. Juru bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husain Abdullah. Wakil Ketua DPW PKS Sulsel Sri Rahmi. Ketua DPD PAN Makassar Hamzah Hamid. Sekretaris DPD PDIP Sulsel Rudi Pieter Goni. Akademisi Andi Mustaman, dan Sekkot Makassar Ibrahim Saleh dari birokrat.
Pengamat politik dari UIN Alauddin Makassar, Dr Firdaus Muhammad memberikan gambaran soal bakal calon wakil Danny itu sangat tergantung partai pengusungnya. Misalnya ARA di Demokrat. “Problemnya, Danny harus selektif terhadap pendamping dari partai untuk mengantisipasi pergerakan mereka dengan membangun koalisi,” ujar Firdaus, Senin (15/5).
Dosen politik Unibos, Dr Arief Wizaksono mengaku belum melihat adanya gambaran siapa yang akan mendampingi Danny nantinya. Sebab masih dinamis.
“Soal siapa saja yang akan berpeluang menjadi calon wakil Danny Pomanto di pilwali, secara garis besar ada yang mewakili unsur politisi, birokrasi bahkan akademisi. Semuanya masih cair. Menunggu hasil pendaftaran kandidat di partai politik. Jadi sangat tergantung koalisi parpol yang nantinya akan mengusung atau mendukung Danny,” ujar Arief.
Bahkan, dia yakin akan terlihat petanya manakala pendaftaran di partai politik telah berakhir. “Nanti kita akan melihat petanya ketika parpol sudah menutup pendaftaran calon wali kota, kemudian dilakukan survei dan assesment internal parpol,” pungkasnya.
Terpisah, Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Makassar, Busranuddin Baso Tika yang sudah lebih awal memberikan dukungan ke Danny, mengaku tak ingin memberikan syarat soal wakil kepada sang petahana.
“PPP mendukung Pak Danny tanpa syarat. Soal calon wakil, biarlah Pak Danny nantinya yang memutuskan,” ujar legislator PPP Makassar dua periode ini. (rif)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top