Sulselbar

Pemkab Siapkan Isbat Massal

NIKAH GRATIS -- Bupati Luwu Andi Mudzakkar bersama Wabup Amru Saher saat menghadiri nikah gratis baru-baru ini.

LUWU, BKM — Bupati Luwu Andi Mudzakkar memberi perhatian serius bagi kelengkapan dokumen kewarnagaraan bagi warganya. Salah satu program yang kini tengah disiapkan adalah program isbath massal yang membidik 2.000 pasangan suami istri yang saat ini belum memiliki buku nikah
Bupati Luwu Andi Mudzakkar, menuturkan setiap warga negara di Kabupaten Luwu tak terkecuali anak-anak harus memiliki kepastian hukum dalam hal kewarnagaraan sehingga mereka lebih mudah mengikuti berbagai program pemerintah.
“Salah satu program pemerintah yang sangat penting adalah akte kelahiran untuk anak-anak. Banyak diantara mereka yang kesulitan mendapat akta kelahiran karena status pernikahan orang tuanya yang belum diakui negara. Sehingga nama orang tua tidak dicantumkan di akta kelahiran,” ujar Cakka, Minggu (14/5)
Untuk memudahkan anak-anak mendapatkan akte kelahiran tahun ini Pemkab akan melakukan nikah massal (isbath) bagi pasangan suami-istri (Pasutri) untuk mengesahkan status perkawinan dan mendapatkan buku nikah. Cakka mengatakan, tahun ini Pemkab menargetkan 2.000 warganya bisa mendapatkan buku nikah secara gratis.
“Kita telah melakukan MoU awal April 2017 lalu dengan Kemenag Kabupaten Luwu dan PA Palopo. Kini sedang dilakukan proses verifikasi dan dipercayakan kepada Camat dan kantor KUA,”tutur Cakka. Pemkab Luwu akan menyiapkan anggaran Rp 369 juta lebih dari pos APBD.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Luwu Hasman Revodi Djano mengatakan, soal isbath massal berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI nomor 1 Tahun 2015, tentang pelayanan terpadu sidang keliling PN dan pengadilan agama dalam rangka penerbitan akta perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran, dinas Dukcapil diberi kepecayaan untuk mengurusnya.
“Untuk melaksanakan isbath massal sebanyak 2.000-an orang ini kita membutuhkan anggaran Rp 369 juta untuk membiayai beberapa hal yang diatur dalam pasal 5 Peraturan Mahkamah Agung Nomo 1 tahun 2015 diatas,” jelas Hasman (wan/C)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top