Metro

Pemancangan Sheet Pile 30 Titik di Jembatan Tello Rampung

MAKASSAR, BKM — Setelah tertunda lebih sepekan, rencana pengeboran untuk tiang pancang jembatan Tello akan dilaksanakan pekan ini.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Jalan Metropolitan BBPJN Wilayah XIII, Malik menjelaskan, saat ini pemancangan sheet pile arah Makassar sudah selesai 30 titik.
Selanjutnya, dilakukan mobilisasi alat pemancangan sheet pile arah Maros. Jika sudah rampunh seluruhnya, pengeboran sudah bisa dilaksanakan.
Selain itu, alat bor pile yang ditunggu-tunggu pekan lalu juga sudah berada di lokasi proyek. Sehingga, pekerjaan pengeboran sudah dalam tahap persiapan.
“Mudah-mudah pekan depan (pekan ini), pengeboran sudah bisa dilaksanakan, ” ungkap Malik akhir pekan lalu kepada BKM.
Dia melanjutkan, untuk memudaknya alat pancang sheet pile menuju lokasi pekerjaan, pelaksana kegiatan juga sudah membuka akses jalan dengan melandaikan jalan.
“Pelandaian akses untuk turun alat pancang sheet pile dari arah Maroa juga sudah dilakukan, ” jelasnya.
Untuk menggenjot pekerjaan, aktifitas di lokasi proyek terus dilakukan kendati hari libur. Mengingat proyek ini sempat terhambat akibat beberapa persoalan. Mulai dari cuaca yang kurang bersahabat, alat bor pile yang juga lambat tiba, hingga pemindahan utilitas PDAM, PLN, dan Indosat di sekitar lokasi.
Namun Malik optimistis jika proyek ini bisa selesai dalam batas yang telah ditentukan.
“Kami terus menggenjot pekerjaan di lokasi, ” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Nasional Metropolitan BBPJN XIII, Amin Hamid
menjekaskan, tiang pancang yang akan dipasang juga sudah siap. Jika proses pengeboran selesai, tahap selanjutnya tentu pemasangan tiang pancang.
Proyek pelebaran jembatan Tello sebelumnya mengalami kegagalan pemancangan tiang akibat tanggul penahan air jebol. Kontraktor sebelumnya hanya mengandalkan tumpukan kantong pasir yang tak mampu membendung arus sungai yang deras. Diperkirakan, butuh waktu dua minggu untuk pengeboran.
Anggaran yang disiapkan untuk pelebaran Jembatan Sungai Tello sekitar Rp4,1 miliar. (rhm)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top